Bank Dunia Sarankan Pemerintah Jokowi Beri Karpet Merah Investor Asing

Senin, 2 September 2019 16:31 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Bank Dunia Sarankan Pemerintah Jokowi Beri Karpet Merah Investor Asing Country Director Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chavez. ©2018 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor Leste, Rodrigo Chaves menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta. Salah satu pembahasan yakni Rodrigo menyampaikan solusi untuk pemerintah Indonesia menyelesaikan masalah ekonomi terkini.

Menurutnya, cara terbaik dalam mendorong pertumbuhan ekonomi ialah dengan menarik investasi asing sebesar-besarnya. Di mana, cara ini juga sebagai solusi atas permasalahan defisit neraca berjalan.

"Cara paling ampuh untuk mendorong ekonomi adalah dengan memperbaiki current account defisit dengan penanaman modal asing (FDI). Cara itu paling baik untuk menambah modal juga memperbaiki aliran portofolio," kata Rodrigo usai menemui Presiden Jokowi, Senin (2/8).

Dalam menarik investasi, lanjutnya, strategi yang harus dijalankan pemerintah adalah perlu memberikan kredibilitas yang dibutuhkan dalam FDI. Salah satunya kejelasan peraturan.

"Aturan mainnya harus jelas, stabil, memenuhi aspek kepatuhan terhadap aturan yang berlaku," tuturnya.

Dia melanjutkan, sesungguhnya Indonesia punya fundamental kuat. Terutama dalam hal manajemen makro. "Reformasi struktural terutamanya pada SDM, infrastruktur, investasi, FDI, pemungutan pajak, bakal memberikan kontribusi yang tinggi dalam hal mempertahankan kondisi keuangan," tuturnya.

Dia menilai soal pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya mampu 5,08 persen pada tahun ini adalah angka tepat. Rodrigo tak bisa memprediksi berapa persen angka pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun depan.

"Tantangan tahun depan bakal tetap bergantung pada ekonomi global; komoditas ekspor impornya," tandas petinggi Bank Dunia tersebut. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini