Bangun PLTU Rp250 M di Dieng, Geo Dipa Energi Raih Pinjaman dari SMI

Kamis, 23 Mei 2019 08:37 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Bangun PLTU Rp250 M di Dieng, Geo Dipa Energi Raih Pinjaman dari SMI PLTU Tenayan. ©Dokumentasi PLN

Merdeka.com - Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero), Riki Firmandha Ibrahim, mengatakan dalam waktu dekat pihaknya akan menandatangani kerjasama pembiayaan dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Pendanaan yang diperlukan bakal digunakan untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) skala kecil (small scale), di Dieng, Kabupaten Wonosobo.

"Mungkin ini kabar, Juli entah tanggal 10-11, kita akan adakan penandatanganan kontrak dengan PT SMI. Untuk small scale yang 10 MW," kata dia saat ditemui, di Jakarta, (22/5) malam.

Proyek yang ditargetkan Commercial Operation Date (COD) pada 2020 tersebut, kata dia, akan langsung dimulai setelah penandatanganan perjanjian pendanaan dengan PT SMI. "Langsung lah. Langsung jalan. Cepat. Yang 10 MW itu cepat. 18 bulan," tegas dia.

Direktur Keuangan Geo Dipa, M. Ikbal Nur, mengatakan bahwa besaran pinjaman yang disiapkan oleh SMI sekitar USD 20 juta. "Baru plafon atasnya, karena nilai kontrak baru ketahuan 2 minggu setelah Lebaran. Kira-kira hampir USD 19 sampai USD 20 juta, dia siapkan pagu," jelas Ikbal.

"Tergantung. Kalau kontraknya cuma USD 16 juta, ya USD 16 juta. Ceilling-nya, dia (PT SMI) bilang Geo Dipa dikasih plafon utang sampai USD 19-20 juta," imbuhnya.

Sementara estimasi nilai proyek small scale tersebut, lanjut dia, sekitar USD 22 juta USD sampai 23 juta. Menurut dia, sisa anggaran untuk pembangunan akan diambil dari kas perusahaan.

"Estimasi kita cost PLTU nya sekitar Rp250 miliar. Ekuivalen USD 22-23 juta. Sisanya dari uang kita lah," tandasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini