Bangun 13 Kota Industri Baru, Ridwan Kamil Janji Buka 4,3 Juta Lowongan Kerja

Senin, 16 November 2020 15:31 Reporter : Merdeka
Bangun 13 Kota Industri Baru, Ridwan Kamil Janji Buka 4,3 Juta Lowongan Kerja Ridwan Kamil. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil gencar mempromosikan pembangunan 13 kota baru di kawasan Cirebon, Patimban dan Majalengka (Rebana). Metropolitan Rebana ini merupakan kawasan pusat industri baru di Jawa Barat meliputi 7 daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, Kuningan, serta Kota Cirebon.

Dia mengatakan, 13 kota baru Rebana ini akan hadir untuk menjadi sebuah kawasan yang sangat luar biasa. Dia pun menargetkan sebanyak 4,3 juta lapangan pekerjaan akan tersedia di kota-kota mandiri tersebut.

"Patimban dan Rebana ini adalah mesin ekonomi Jabar. Kalau ada Rebana dengan 13 kota industri, kita akan menghasilkan 4,3 juta lowongan pekerjaan dalam waktu 10-30 tahun," jelasnya, Senin (16/11).

Menurutnya, 13 kota baru di kawasan Rebana ini akan jadi mesin yang melawan kemiskinan dan pengangguran di Jawa Barat, termasuk menyediakan 4,3 juta lowongan kerja bagi penduduk setempat. "Sehingga salah satu strategi kita memastikan 4,3 juta lowongan pekerjaan itu diisi oleh orang-orang lokal. Orang-orang Subang, Cirebon dan lain sebagainya," tegasnya.

Tak hanya lapangan kerja, Kang Emil pun memproyeksikan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat bisa turut terdongkrak 4-5 persen dengan kehadiran kawasan Rebana.

"Ini adalah studi Bappeda pada saat ekonomi Jawa Baratnya masih positif 5 (persen). Jadi dengan ada rebana dengan 13 kota barunya, maka pertumbuhan positif nilai ini akan ditambahi 4 atau 5 persen," terangnya.

"Kita harapkan 2021 kita sudah bisa kembali positif, dan dapat tambahan (pertumbuhan ekonomi Jawa Barat dari Rebana) 4-5 persen," tandasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini