Bangga Pertumbuhan Ekonomi RI, Wiranto tegaskan 'Itu tidak turun dari langit'

Kamis, 25 Oktober 2018 13:06 Reporter : Supriatin
Bangga Pertumbuhan Ekonomi RI, Wiranto tegaskan 'Itu tidak turun dari langit' Gedung pencakar langit di Jakarta. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto memaparkan capaian kerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam 4 tahun terakhir. Wiranto bangga, di tengah kondisi ekonomi global yang melemah, Indonesia justru tumbuh di atas angka 5 persen.

"Ngomongin pertumbuhan ekonomi, saat banyak negara pertumbuhan ekonominya minus, Indonesia bertahan di angka 5,1 persen dan 5,2 persen," jelasnya di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (25/10).

Wiranto menegaskan, data yang disampaikannya valid. Sumber data pun jelas yakni berdasarkan kajian pakar-pakar ekonomi di Tanah Air.

"Ini bukan data dari langit, tapi hasil usaha keras pakar ekonomi kita agar pertumbuhan ekonomi tidak merosot saat krisis di dunia. Ini terus dilakukan dalam kondisi dunia seperti ini pembangunan tetap berjalan," kata Wiranto.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2018 sebesar 5,27 persen. Angka tersebut tumbuh lebih tinggi daripada kuartal I 2018 sebesar 5,06 persen.

Pertumbuhan ekonomi kuartal II 2018 juga masih lebih tinggi dibandingkan pada kuartal II 2017 yang sebesar 5,01 persen. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi semester I 2018 tumbuh 5,17 persen.

Mantan Pangab ini melanjutkan, selain mendorong pertumbuhan ekonomi, pemerintah Jokowi-JK juga tak henti-henti menggenjot pembangunan infrastruktur. Seperti pembangunan jalan, jembatan, bandara, dan tol laut.

"Pembangunan infrastruktur terus berjalan, pembangunan di bidang lain, kesehatan, pendidikan, pariwisata, juga berjalan," papar dia. [noe]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini