Bandara Kertajati Dinilai Saat ini Makin Sepi, Inilah Faktanya

Kamis, 5 September 2019 10:20 Reporter : Merdeka, Harwanto Bimo Pratomo
Bandara Kertajati Dinilai Saat ini Makin Sepi, Inilah Faktanya Bandara Kertajati. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Tingkat keterisian Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat kurang memuaskan. Saat ini tingkat keterisian Bandara Kertajati disebut turun menjadi 58 persen dari sebelumnya 66 persen.

"Load factor cenderung turun terakhir 66 persen, turun lagi itu hingga 58 persen," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jawa Barat Hery Antasari dalam diskusi bersama Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR di Bandung, Jawa Barat, Rabu (4/9) malam.

Kata Hery, salah satu penyebab BIJB semakin sepi ialah persoalan aksesibilitas. Lantaran, waktu tempuh dari Bandung-Kertajati memakan waktu hingga 3-4 jam.

Dalam kesempatan diskusi ini pun, pihaknya berharap bahwa tol Cileunyi Sumedang Dawuan (Cisumdawu) bisa segera dirampungkan. Tujuannya tentu untuk menghidupkan Bandara Kertajati.

"Orang mulai pilih macet ke Bandara Soekarno Hatta 5 jam dibanding 3 jam ke Kertajati. Mungkin ada faktor layanan penumpang dan lainnya. Itu PR kami. Tapi ini sangat penting. Betapa Pemprov Jabar harapkan ini segera terwujud," tegasnya.

"Ini juga agar momentumnya tak lewat karena kalau lewat ada kerugian pemerintah dan simbol PSN (proyek strategis nasional) juga dirugikan," lanjut dia.

Dihubungi terpisah Corporate Secretary PT BIJB Arief Budiman, melalui bagian kehumasan, mengatakan penurunan penumpang saat ini lebih disebabkan karena memasuki low season.

"Kalau lihat dari data penumpang September ini rata-rata penumpang masih di sekitar 2.700 sehari artinya masih wajar," ujarnya pada merdeka.com, Kamis (5/9).

Dia mengatakan kenaikan tingkat keterisian Bandara Kertajati akan kembali terjadi pada saat peak season di November dan Desember mendatang. "Ini juga yang kemudian dialami bandara lain ketika memasuki periode ini."

Reporter: Bawono Yadika Tulus
Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini