Bakrie lepas VIVA ke Hary Tanoe atau Chairul Tanjung?

Kamis, 4 April 2013 08:30 Reporter : Ririn Radiawati, Novita Intan Sari
Gedung Bakrie. REUTERS

Merdeka.com - Misteri siapa yang berhasil membeli perusahaan media milik keluarga Bakrie yang tergabung dalam PT Visi Media Asia (VIVA) masih belum terungkap. Akhir pekan lalu, salah satu orang terkaya Indonesia, Chairul Tanjung, blak-blakan bahwa dia menawar perusahaan tersebut dengan harga USD 1,8 miliar (Rp 17,5 triliun).

Sebelumnya konglomerat yang juga menguasai media, Hary Tanoesoedibjo dikabarkan telah menawar lebih tinggi yaitu USD 2 miliar (Rp 19,5 triliun).

Sementara keluarga Bakrie disebut-sebut akan menjual perusahaan yang terdiri dari stasiun TV berita tvOne, antv dan portal berita VIVA.co.id itu sebesar USD 1,2 miliar (Rp 11,5 triliun) hingga USD 2 miliar.

Menurut analis dari First Asia Capital, David Sutyanto, baik harga yang ditawarkan maupun penawaran masih terlalu tinggi. Hingga saat ini aset VIVA hanya terhitung Rp 2,9 triliun saja. "Akan sangat kemahalan jika benar-benar laku pada level USD 2 miliar," ungkap dia kepada merdeka.com, Kamis (4/4).

Meski begitu, Hary Tanoe sebelumnya telah mengatakan bahwa VIVA batal dijual. Februari lalu, bos MNC Group itu mengatakan bahwa memang sebelumnya ada penjualan, namun di tengah jalan rencana tersebut dibatalkan.

Di sisi lain, Direktur Business Development CT Corporation Ashis Shaboo membantah adanya penjualan VIVA kepada Chairul Tanjung. "Kabar bahwa CT ataupun Para Group akan membeli saham VIVA itu tidak benar," ujar dia kepada merdeka.com, Rabu (3/4).

Aburizal Bakrie, salah satu Bakrie bersaudara, mengatakan bahwa VIVA akan dijual jika harga cocok. "Apapun dijual asal harganya cocok," ungkap Bakrie sambil tersenyum lebar dalam wawancaranya dengan Financial Times seperti dikutip Rabu (3/4).

Saat ini, Bakrie sedang membutuhkan uang tunai untuk membeli kembali saham Bumi Resources dari Bumi Plc. Apakah Bakrie hanya sedang menimbang? [rin]

Topik berita Terkait:
  1. Bakrie And Brothers
  2. Chairul Tanjung
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.