Bakal direvitalisasi, Bandara Halim Perdanakusuma Saat Ini Masih Beroperasi

Selasa, 9 November 2021 16:15 Reporter : Merdeka
Bakal direvitalisasi, Bandara Halim Perdanakusuma Saat Ini Masih Beroperasi Kondisi Bandara Halim. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berencana melakukan revitalisasi bandara Halim Perdanakusuma (HLP) Jakarta. Tujuannya untuk meningkatkan faktor keselamatan penerbangan di bandara ini.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati menegaskan, hingga saat ini Bandara Halim Perdanakusuma masih beroperasi seperti biasa, baik untuk penerbangan komersil maupun aktivitas kemiliteran.

"Sampai dengan saat ini Bandara Halim Perdanakusuma masih beroperasi seperti biasa jadi penerbangan komersial aktivitas kemiliteran itu masih berjalan seperti biasa. Jadi sekali lagi kepada anggota masyarakat penerbangan komersial berjadwal maupun tidak berjadwal saat ini masih berlangsung seperti biasa," kata Adita kepada Liputan6.com, Selasa (9/11).

Namun, untuk informasi lebih lanjut, Kemenhub akan menyampaikan jika ada perubahan jadwal penutupan bandara Halim Perdanakusuma, baik kepada maskapai, operator, dan stakeholder hingga masyarakat jika nanti akan dilakukan revitalisasi.

"Tentu kami akan menyampaikan jika nantinya akan ada perubahan dan pasti memberikan waktu bagi maskapai bagi para operator juga bagi stakeholders yang terkait untuk mempersiapkan diri jika kemudian nanti memang akan dilakukan revitalisasi sudah akan ditegaskan kapan akan dimulai," jelasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan Novie Riyanto menjelaskan, revitalisasi yang direncanakan tersebut mengingat bandara Halim punya fungsi vital, namun dinilai terjadi penurunan kualitas elemen bandara terutama runway.

Menurut Dirjen Novie, saat ini pembahasan intensif tengah dilakukan dengan berkoordinasi bersama Kementerian Pertahanan, TNI Angkatan Udara, Kementerian Keuangan, Angkasa Pura II, serta pemangku kepentingan terkait lainnya.

Diketahui, revitalisasi ini memerlukan waktu kurang lebih satu tahun. Hal ini untuk memastikan keselamatan, dan pelayanan terbaik dapat dipenuhi.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini