Awal Tahun, 1 Pesawat Garuda Indonesia Siap Layani Kargo Merpati Airlines

Selasa, 26 November 2019 15:22 Reporter : Dwi Aditya Putra
Awal Tahun, 1 Pesawat Garuda Indonesia Siap Layani Kargo Merpati Airlines Garuda Indonesia. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero) Pikri Ilham Kurniansyah memastikan, bahwa kerja sama pihaknya dengan Merpati Nusantara Airlines dalam bisnis kargo di Indonesia Timur masih terus berjalan. Sejauh ini sudah ada satu pesawat yang siap digunakan, dari delapan pesawat yang dipinjamkan Garuda Indonesia.

"Ada delapan pesawat kita pinjamkan, satu pesawat sudah siap," kata Pikri saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (26/11).

Dia menambahkan, nantinya Merpati Airlines mulai menerbangkan angkutan kargo secara rutin pada Januari 2020. "Launching sudah tinggal Januari beroprasi," imbuh dia.

Diketahui, Garuda Indonesia Group meminjamkan 8 pesawat kepada Merpati Nusantara Airlines untuk menjalankan bisnis kargo di Tanah Papua pada 2020. Ini merupakan hasil kesepakatan kerja sama strategis perusahaan mendukung komitmen restrukturisasi bisnis Merpati yang turut diikuti oleh 9 BUMN lainnya.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara mengatakan, pihaknya akan bantu Merpati secara operasional dengan meminjamkan pesawat untuk urusan bisnis kargo saja.

"Kami fokus membantu Merpati hanya di kargo dulu. Maintenance facility dan training centre semua dikelola oleh Garuda Indonesia," ungkap dia di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (16/10).

1 dari 1 halaman

Kerjasama Garuda Indonesia dan Merpati Airlines

Mengenai teknis kerja sama, di mana saat ini Garuda Indonesia Group siap memberikan 5 armadanya untuk diberikan pada Merpati Airlines. Di mana 3 di antaranya merupakan pesawat eksisting kargo milik Garuda Indonesia, sementara 2 lainnya adalah pesawat konversi dari anak usaha Citilink Indonesia.

"Pesawatnya dari kita semua. Saat ini ada 3 armada eksisting kargo, 2 konversi dari Citilink yang tadinya stand by dengan kapasitas 12 ton. Di Juni 2020 kita ada (pesawat tambahan jenis) 738 dan 1330. Jadi total 8 frontier untuk angkut kargo BUMN ini dalam kerjasama Merpati tahun 2020," tuturnya.

Adapun pesawat-pesawat kargo milik Garuda yang akan diterbangkan Merpati tersebut akan melayani dua rute di Papua, yakni Jayapura-Wamena dan Wamena-Timika. [azz]

Baca juga:
Garuda Indonesia: Tak Ada Kenaikan Harga Tiket di Libur Natal dan Tahun Baru
Garuda Indonesia Pastikan Pesawat Layani Libur Natal & Tahun Baru Bakal Laik Terbang
Jajaran Direksi Garuda Indonesia Turun Lapangan Pantau Layanan Libur Nataru
Garuda Indonesia Siapkan 2 Pesawat Raksasa Layani Libur Natal dan Tahun Baru
Cuaca Buruk, Pesawat Garuda Indonesia Mendarat di Halim Perdanakusuma
Sriwijaya Air Terbang Tanpa Garuda Indonesia, Ini Permintaan Menhub Budi

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini