Awal April, Pemerintah Salurkan Insentif Rp786 Miliar untuk Peserta Kartu Prakerja

Rabu, 7 April 2021 12:01 Reporter : Dwi Aditya Putra
Awal April, Pemerintah Salurkan Insentif Rp786 Miliar untuk Peserta Kartu Prakerja kartu prakerja. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat total pemberian insentif kepada peserta kartu prakerja sudah mencapai Rp786 miliar hingga per 1 April 2021. Jumlah tersebut diberikan kepada 1,31 juta penerima manfaat kartu prakerja.

"1,3 juta penerima telah mendapatkan insentif," kata Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam Webinar Indonesia Bangkit 2021, secara virtual, Rabu (7/4).

Berdasarkan catatan, jumlah penerima kartu prakerja pada semester I-2021 sudah mencapai target yang ditetapkan pemerintah yakni 2,7 juta orang. Dari jumlah itu, baru 2 juta orang yang sudah membeli pelatihan,

"Penerimanya yang telah membeli pelatihan mendekati 2 juta dan penerima yang sudah menyelesaikan pendidikan 1,5 juta," kata Airlangga.

Sebelumnya, Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja telah mencabut kepesertaan sekitar 11 ribu orang dari gelombang 12. Pencabutan itu dilakukan karena mereka tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.

"(Kami) telah mencabut kepesertaan sekitar 11 ribu orang dari gelombang 12," kata Head of Communication Manajemen Pelaksana Prakerja, Louisa Tuhatu kepada wartawan, Selasa (6/4).

Dia mengatakan, pencabutan ini sangat memprihatinkan karena banyak orang ingin bergabung tetapi tidak mendapat kesempatan. Sementara mereka yang sudah terpilih malah menyia-nyiakan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi sekaligus memperoleh bantuan sosial.

Di sisi lain, dia juga mengingatkan tenggat waktu untuk membeli pelatihan pertama bagi peserta gelombang 13 adalah hari Kamis, 8 April 2021, pukul 23.59.

"Saat ini kami memantau masih ada sekitar 12 ribu orang dari gelombang 13 yang belum membeli pelatihan pertama. Kami berharap mereka bisa memanfaatkan waktu yang masih tersisa ini untuk segera membeli pelatihan di 7 platform digital," tandasnya. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini