Aturan Terbit 2 Pekan Lagi, Pekerja di Ibu Kota Baru Bebas Pajak?

Kamis, 2 Februari 2023 14:42 Reporter : Merdeka
Aturan Terbit 2 Pekan Lagi, Pekerja di Ibu Kota Baru Bebas Pajak? Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono. Tira Santia ©2023 Liputan6.com

Merdeka.com - Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono, memastikan peraturan pemerintah (PP) mengenai insentif bagi investor di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan terbit 2 pekan lagi.

"PP Insyaallah 1 -2 minggu ini. Dalam 2 minggu ke depan kita akan buat sosialisasi yang menyeluruh tentang apa sajakah insentif yang bener-bener diberikan di IKN, di PP itu nanti akan terlihat semua," kata Bambang usai menghadiri acara Mandiri Investment Forum di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (2/2).

Bambang menegaskan, seluruh sektor di IKN nantinya akan mendapatkan insentif. Untuk urusan investasi, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

"Seluruh sektor (dapat insentif) karena itu sistemnya makro dan kami kerja sama dengan Pak bahlil untuk buat itu semua. Ini akan menarik dibanding tempat yang lain itu benar, jangka waktu lebih lama atau tingkat lebih tinggi dengan harapan karena ini pioneering ada satu perintisan agar orang orang mau menginvestasi di tempat yang baru," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Pekerja Bebas Pajak?

Adapun paket-paket insentif yang akan diberikan pemerintah seperti insentif pajak, PPN dan PPH yang ditanggung pemerintah. Bahkan, para profesional yang bekerja di IKN dalam waktu tertentu akan dibebaskan pajaknya. Selain itu, pihaknya tengah membahas terkait tax holiday selama mungkin.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, mengungkapkan tax holiday yang ditentukan di IKN diklaim lebih besar dibandingkan di daerah lain di Indonesia.

"Menyangkut IKN, bahwa tax holiday atau insentif lainnya di IKN lebih besar dan lebih baik dibandingkan di daerah lain di Indonesia. Kita perlakukan lex specialis untuk IKN. Ini semua dalam rangka merangsang agar IKN itu ketika orang melakukan investasi, IRR-nya bisa cepat, break even point-nya bisa pasti berapa lama," pungkas Bahlil.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Kepala Otorita IKN Soal Gaji Fantastis: Saya Tak Pernah Tanya Gaji Berapa
SpaceX Milik Elon Musk Mau Investasi di IKN, Pemerintah Siap Permudah Perizinan
Menteri Bahlil Pastikan Investasi di IKN Tak akan Rugi: Ini Barang Bagus
Jokowi Teken Perpres, Gaji Kepala Otorita IKN Rp172 Juta Per Bulan
Menteri PUPR Bangun 47 Tower Apartemen Buat ASN di IKN: Supaya Tak Merusak Hutan
Banyak Sektor Industri, IKN Berpotensi Jadi Daerah Maju Seperti Batam

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini