Atasi pemadaman listrik Medan, impor minyak bakal makin deras

Rabu, 6 November 2013 17:12 Reporter : Ahmad Baiquni
Atasi pemadaman listrik Medan, impor minyak bakal makin deras Drum Minyak. merdeka.com

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan mengungkapkan kinerja impor Indonesia masih didominasi minyak mentah. Sepanjang Januari hingga September 2013 impor minyak mencapai angka USD 33,6 miliar. Importasi ini mengalami kenaikan sebesar 8,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Kenaikan impor migas selama Januari-September 2013 disebabkan oleh meningkatnya permintaan minyak mentah sebesar 29,3 persen," ujar Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi dalam konferensi pers laporan kinerja perdagangan di Kemendag, Jakarta, Rabu (6/11).

Menurut Bayu, impor minyak mentah ini tidak sebanding dengan jumlah ekspor komoditas yang sama. Ini disebabkan tidak adanya tambahan kilang yang mampu menambah produksi secara cukup signifikan.

"Crude (minyak mentah) ekspornya turun 15,5 persen dan impornya 29,3 persen. Saya sudah tanya ke ESDM, kata mereka tidak ada kilang minyak yang cukup signifikan," terang dia.

Selain itu, Bayu menjelaskan, impor minyak mentah diperkirakan akan bertambah pada akhir tahun ini. Penyebabnya, pemerintah berencana untuk mengatasi kelangkaan listrik di wilayah Sumatera Utara dengan menggunakan mesin diesel, yang diperkirakan akan menyumbang peningkatan impor solar.

"Situasi listrik di Sumatera tampaknya langkah yang akan diambil adalah pengadaan pembangkit listrik yang berimplikasi pada peningkatan kebutuhan akan solar," ungkap dia.

Bayu mengatakan, peningkatan kebutuhan akan impor minyak mentah harus segera ditanggulangi. Salah satunya dengan diversifikasi energi berupa penggunaan bahan bakar nabati. "Perdagangan biofuel baru 2/3 dari target atau sekitar 67 persen," ungkap Bayu. [bim]

Topik berita Terkait:
  1. Ekspor Impor
  2. Kemendag
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini