Atasi Dampak Perang Dagang, LIPI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2019 Bisa 5,4 Persen

Kamis, 20 Desember 2018 13:34 Reporter : Dwi Aditya Putra
Atasi Dampak Perang Dagang, LIPI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi 2019 Bisa 5,4 Persen Kepala Pusat LIPI Agus Eko Nugroho bicara pertumbuhan ekonomi. ©2018 Merdeka.com/Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kepala Pusat Lembaga Ilmu Pengetahuan Ekonomi (LIPI), Agus Eko Nugroho, memprediksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2019 sebesar 5,4 persen. Proyeksi ini lebih tinggi dari asumsi pertumbuhan ekonomi dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019 sebesar 5,3 persen.

Agus mengatakan, angka tersebut dapat tercapai apabila tren perang dagang antara Amerika Serikat dan China bisa dilalui dan dipecahkan pada tahun depan. Maka dari itu, ini menjadi tantangan besar bagi pemerintah untuk mendorong laju pertumbuhan ekonomi secara nasional.

"Bagaimana proyeksi 2019? Tren ekspektasi kami bahwa kita menuju pada tren perbaikan ekonomi global, jadi artinya kita berharap bahwa perang dagang akan bisa terlampaui di 2019, harapannya akan menjaga dan mendorong ekonomi global yang semakin membaik. Jadi growth akan ada dikisaran 5,2 hingga 5,4 persen itu optimis moderat dari proyeksi," katanya dalam diskusi Outlook Ekonomi Indonesia 2019, di Jakarta, Kamis (20/12).

Dengan proyeksi pertumbuhan ekonomi yang ditaksir mencapai hingga 5,4 persen, maka pihaknya juga memprediksi inflasi di tahun depan berada di kisaran 3,5 persen sampai 3,9 persen. Angka ini lebih tinggi daripada inflasi yang dipatok pemerintah melalui APBN 2019.

"Tantangannya selain kita menjaga harga bahan pangan, juga menjaga stabilitas di bahan bakar itu tantangan utama," katanya.

Sebelumnya, PT Bank UOB Indonesia (UOB Indonesia) memproyeksikan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) alias pertumbuhan ekonomi akan ada pada kisaran 5,2-5,4 persen di tahun 2019, didukung oleh fundamental ekonomi yang kuat. "Kami memperkirakan ekonomi Indonesia akan tumbuh antara 5,2 hingga 5,4 persen pada tahun 2019," kata Ekonom UOB Indonesia, Enrico Tanuwidjaja. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini