Asosiasi Prediksi Pertumbuhan Industri Waralaba Capai 10 Persen Tahun ini

Jumat, 5 Juli 2019 14:24 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Asosiasi Prediksi Pertumbuhan Industri Waralaba Capai 10 Persen Tahun ini Waralaba White Cincau. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Andrew Nugroho, mengaku optimistis pertumbuhan usaha waralaba di Indonesia bakal mencapai 10 persen tahun ini secara tahunan (yoy). Penopang pertumbuhan berasal dari sektor makanan dan minuman (Mamin).

"Target kami growth 10 persen untuk tahun 2019 year on year. Kalau tahun lalu tidak sampai 10 persen. Mungkin sekitar 5 sampai 6 persen," kata dia, usai pembukaan IFRA 2019, di JCC, Jumat (5/7).

Keyakinan tersebut, ungkap dia, cukup beralasan. Karena pangsa pasar Indonesia yang masih besar untuk digarap oleh pelaku bisnis waralaba.

"Paling banyak mamin. Karena memang pasar Indonesia besar sekali. Masih luas. Memang mungkin untuk orang memulai jualan kopi, kue, lebih simple gampang jadi banyak buka," jelas Andrew.

Meskipun demikian, dia mengatakan pihaknya melihat bahwa sektor-sektor selain Mamin juga akan mengalami pertumbuhan. Salah satunya bisnis waralaba yang bergerak di sektor jasa.

Ya (Mamin paling besar menopang pertumbuhan waralaba). Tapi juga sektor lainnya seperti jasa-jasa kursus, minuman, minimart juga tetap banyak masih populer juga. Karena Indonesia luas sekali. Pasar besar sekali," tandasnya. [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini