Asosiasi Maskapai Nasional Minta Pemerintah Tak Obral Rute ke Asing

Rabu, 16 Januari 2019 09:53 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
Asosiasi Maskapai Nasional Minta Pemerintah Tak Obral Rute ke Asing Ilustrasi pesawat terbang. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA), I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara), meminta pemerintah untuk melindungi kelangsungan bisnis penerbangan di Tanah Air. Salah satunya dengan tidak mengobral rute ke maskapai asing.

"Seperti yang kami sampaikan, bukan hanya kepada stakeholder tapi pada pemerintah. Bahwa pemerintah harus memproteksi maskapai nasional," kata dia saat ditemui di Kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, ditulis Rabu (16/1).

Dia meminta pemerintah jangan mengobral slot rute penerbangan untuk maskapai asing. Sebab, maskapai asing dapat membanting harga maskapai nasional.

"Jangan terlalu gampang memberikan slot kepada maskapai asing untuk airport kita dan juga ke hub kita. Dan juga jangan menambah pemain di maskapai nasional, karena ini sudah 11 maskapai nasional sudah megap-megap semua, jangan ditambah lagi," ujarnya.

Dia juga meminta penyedia layanan infrastruktur penerbangan seperti Angkasa Pura, Airnav juga Pertamina selaku penyedia bahan bakar dapat menurunkan harga mereka. Hal itu bertujuan agar maskapai juga dapat menurunkan tarif pesawat tanpa harus merugi.

"Tetap kita minta, tetapi itu kewenangan dirut AP I dan II, Airnav dan Pertamina. Kami hanya meminta, kalau meminta tidak harus memaksa. Kalau yang AP I dan II serta Airnav kita meminta (turun) sekitar 30 persen, kalau Pertamina kita minta 10 persen," tutupnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini