ASDP Targetkan Seluruh Pelabuhan Terima Transaksi Non-Tunai di 2022

Kamis, 22 Juli 2021 19:05 Reporter : Merdeka
ASDP Targetkan Seluruh Pelabuhan Terima Transaksi Non-Tunai di 2022 Aktivitas Kapal Feri. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - PT ASDP Indonesian Ferry mulai mengadopsi pembayaran non-tunai atau cashless di beberapa pelabuhan yang dilintasi armadanya. Selain itu, ASDP juga segera melakukan pengembangan sektor pariwisata Bakauheni Harbour City.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi mengatakan, ASDP terus memperkuat program pengembangan bisnis perseroan di antaranya melalui akselerasi program cashless di seluruh cabang dalam mendukung digitalisasi bisnis penyeberangan.

Beberapa wilayah di antaranya telah menerapkan metode pembayaran non-tunai secara penuh per Juli 2021. Di antaranya adalah pelabuhan di Sibolga, Batam, Surabaya, Ketapang, Lembar, Kayangan, dan Balikpapan.

Metode cashless tersebut menggunakan kartu uang elektronik BRIZZI, Mandiri E-money, BNI TapCash, BCA Flazz dan bank transfer. "Ditargetkan hingga tahun 2022 seluruh pelabuhan dan lintasan ASDP akan dapat melayani pembayaran secara cashless," katanya dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (22/7).

Selain itu, dalam pengembangan kawasan pariwisata yang terintegrasi, ASDP mengatakan prosesnya masih terus berjalan. Proyek yang melibatkan lahan seluas 214 hektare itu akan diwujudkan atas kolaborasi Pemprov Lampung dan PT Hutama Karya.

Saat ini, kawasan tersebut masih dalam Penetapan Status Kawasan sebagai Proyek Strategis Nasional, pembentukan perusahaan pengelola kawasan, finalisasi detail masterplan, serta perencanaan pengembangan infrastruktur kawasan.

Pada pengembangan tahap pertama direncanakan pembangunan Masjid Bakauheni yang dapat menampung lebih dari 2000 jamaah, pembangunan Theme Park, dan Revitalisasi Taman Budaya Menara Siger.

"Adapun ground breaking tahap pertama ditargetkan mulai pada September 2021, dan diharapkan pada tahun 2022 sudah dapat dibuka dan dinikmati oleh masyarakat," tulisnya.

Baca Selanjutnya: Kinerja Keuangan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini