Arus balik: Cikarang Utama macet, tarif tol bakal digratiskan

Rabu, 6 Juli 2016 15:37 Reporter : Siti Nur Azzura
Arus balik: Cikarang Utama macet, tarif tol bakal digratiskan Pintu tol Cikarang Utama. ©2016 Merdeka.com/Twitter @TMCPoldaMetro

Merdeka.com - PT Jasa Marga berencana menggratiskan tarif tol bagi pemudik yang keluar di pintu Cikarang Utama. Syaratnya, antrean kendaraan di gerbang masuk Jakarta tersebut mencapai lebih dari tiga kilometer.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama PT Jasa Marga Adityawarman saat ditemui di Jakarta, Rabu (6/7).

"Kira-kira kami lihat, kalau 3 km mengalir kami buka. Kalau tidak, kami gratiskan. Jadi kami buka tutup saja. Yang dapat gratis ya rezeki," katanya.

"Kami tidak ingin seperti arus mudik di dua hari jelang Lebaran, yang malah terjadi kemacetan di jalan nasional."

Menurutnya, langkah tersebut sudah dibicarakan dengan Kementerian badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Dia memprediksi puncak arus balik pada Sabtu dan Minggu.

Pintu tol Cikarang Utama memang menjadi perhatian pemerintah pada saat arus balik nanti. Sebab, itu adalah titik rawan macet.

"Ini yang harus diantisipasi paling besar adalah Gerbang Tol masuk ke Jakarta di Cikarang Utama. Ini paling besar gerbang tol nya," kata Jonan di Bandar Udara Halim Perdanakusuma. [yud]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini