Arcandra Tahar: 5 Kali Eksplorasi Hanya Satu Kali Berhasil Temukan Kandungan Migas

Selasa, 19 Februari 2019 15:10 Reporter : Merdeka
Arcandra Tahar: 5 Kali Eksplorasi Hanya Satu Kali Berhasil Temukan Kandungan Migas Arcandra Tahar. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-JK terus meningkatkan produksi minyak dan gas bumi (migas) Indonesia. Harapannya, defisit migas yang sering terjadi bisa dihindari.

Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Arcandra Tahar mengatakan, pemerintah ingin memperbaiki penggunaan data dari sisi data geologi dan geofisika (G and G), untuk meningkatkan kesuksesan kegiatan pencarian minyak atau sukses rasio.

"Kalau kita bicara rencana pemerintah. Salah satunya adalah memperbaiki dari sisi penggunaan data data G and G kita," kata Arcandra, di Jakarta, Selasa (19/2).

Arcandra mengakui, saat ini tingkat kesuksesan pencarian kandungan migas di bawah 20 persen, artinya 5 kali melakukan eksplorasi hanya satu kali berhasil menemukan kandungan. Dengan adanya perbaikan data G and G diharapkan dapat lebih akurat melakukan pencarian kandungan migas.

"Kalau kita perbaiki sekarang, kalau ada rezekinya 10-20 tahun akan datang. Sewaktu kita katakan discovery butuh waktu 5-10 tahun, jadi rangenya 10-20 tahun lagi, kita perbaiki sekarang," tuturnya.

Dalam jangka menengah akan diterapkan teknologi Enhance Oil Recovery (EOR), untuk meningkatkan produksi minyak dari sumur yang sudah tua sehingga dapat memenuhi kebutuhan.

"Jangka menengah, aset produktif kita mengusahakan enhance recovery. Jangka panjangnya eksplorasi nya itu yang suksesnya cuma 20 persen," tandasnya.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Arcandra Tahar
  2. ESDM
  3. Migas
  4. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini