April 2017, dana kelolaan reksa dana naik 9 persen jadi Rp 371 T

Selasa, 9 Mei 2017 13:31 Reporter : Idris Rusadi Putra
April 2017, dana kelolaan reksa dana naik 9 persen jadi Rp 371 T OJK. ©2013 Merdeka.com/Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai kinerja industri reksa dana terus mengalami peningkatan. Tercatat hingga 21 April 2017, dana kelolaan reksa dana meningkat sebesar 9 persen menjadi Rp 371 triliun. Adapun per akhir tahun 2016 dana kelolaan reksa dana mencapai Rp 328,6 triliun.

"Jadi dalam jangka waktu empat bulan sudah bisa tumbuh 9 persen. Kemudian sudah bertambah 73 fund baru menjadi 1.493 fund," ucap Kepala Departemen Pengawasan Pasar Modal 2A OJK, Yunita Linda Sari di Jakarta, Selasa (9/5).

Selain itu, jumlah investor di reksa dana juga mengalami peningkatan. Berdasarkan data Single Investor Identification (SID) OJK, jumlah investor reksa dana naik 10 persen dari sebelumnya 440.000 sekarang sudah 493.000.

"Tapi kalau dibandingkan dengan jumlah masyarakat Indonesia hanya 0,18 persen. Jadi walaupun (tumbuh) besar tapi tidak besar-besar amat," ujarnya.

Masih belum signifikannya pertumbuhan jumlah investor reksa dana disebabkan karena masih rendahnya tingkat literasi dan inklusi keuangan masyarakat khususnya di pasar modal. Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan OJK pada 2016 mencatat indeks literasi dan inklusi keuangan pasar modal masing-masing baru sebesar 4,40 persen dan 1,25 persen.

"Selain itu memang kalau diakui model investasi masyarakat masih banyak yang saving. Untuk itu sepertinya kita masih banyak PR seperti pak Fadel Muhammad (Founder Warta Ekonomi) usulkan untuk bikin grup kecil, di OJK diskusi itu sering sekali dilakukan. Tapi pada intinya tiap kebijakan yang akan dikeluarkan kami minta pendapat market," ungkap Yunita.

Salah satu memajukan investasi ini, Yunita mendukung acara Warta Ekonomi yang memberikan penghargaan pada produk dan manajer investasi reksa dana. Menurutnya award semacam ini bisa memberikan competitiveness yang baik.

"OJK mempunyai pendapat acara ini sangat baik memberikan semangat manajer investasi untuk kpentingan investornya dan juga rasa competitiveness," tutupnya. [sau]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini