Aplikasi FreshFood Besutan Anak Bangsa Pertemukan Langsung Petani dengan Konsumen

Jumat, 4 September 2020 12:50 Reporter : Merdeka
Aplikasi FreshFood Besutan Anak Bangsa Pertemukan Langsung Petani dengan Konsumen Ilustrasi Sawah. ©2018 Merdeka.com/Abdul Azis Rasjid

Merdeka.com - Pengajar di Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Eng Fadly Usman membangun sebuah aplikasi bernama FreshFood ID. Lewat aplikasi ini, masyarakat lebih mudah menjangkau kebutuhan mereka serta mendukung petani dalam menjual dan mengembangkan lahan pertaniannya.

Dalam pengembangannya, FreshFood menawarkan fitur seperti layanan jual dan beli antar produk pertanian, smartfarming, smart planting, satelite imagery analysis untuk keperluan pertanian dan analisis ketahanan pangan. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat langsung membeli bahan makanan segar langsung dari petani, seperti sayuran, buah, telur, ayam, bebek, susu, dan sebagainya melalui smartphone. Sampai saat ini, sistem yang diterapkan oleh FreshFood adalah masyarakat harus memesan satu hari sebelumnya agar bisa didata apakah petani memiliki stok terhadap barang tersebut.

"Namun, FreshFood ID sebenarnya bukan tentang hanya menjual produk dari petani ke masyarakat, tetapi kami juga akan menyematkan teknologi yang optimal. Salah satunya adalah Imagery Analysis dengan tujuan utama menilai kondisi lahan," ujar Fadly dalam sesi Webinar yang diadakan Perusahaan Listrik Negara (PLN) pada Jumat (4/9).

Cara kerja Imagery Analysis yang pertama adalah pengambilan citra lahan lewat pengambilan foto dari udara. Biasanya pengambilan citra ini memanfaatkan kamera drone yang diterbangkan dalam waktu setengah hari, lalu dengan cepat bisa didapatkan hasilnya.

"Lalu, selanjutnya kami akan analisis. Supaya langkah selanjutnya sesuai dengan kondisi yang kami temui di lapangan," ucapnya.

"Satellite Imagery Analysis bisa memetakan kondisi tutupan lahan, agar paling tidak para petani bisa mengetahui kondisi lahan-lahan tertentu. Lewat analisis berdasarkan satelit, kedalaman tertentu bahkan bisa kita ketahui. Ini dapat menjadi informasi awal dalam melakukan kalkulasi terhadap kondisi lahan di lapangan," tandas Fadly.

Baca Selanjutnya: Layanan Smart Farm...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Petani
  3. Digital Startup
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini