Apindo Sambut Baik Upaya BRI Hadirkan Indeks UMKM Pertama di Indonesia

Kamis, 12 November 2020 13:16 Reporter : Sulaeman
Apindo Sambut Baik Upaya BRI Hadirkan Indeks UMKM Pertama di Indonesia Kepala BKPM Franky Sibarani. ©2015 merdeka.com/sri wiyanti

Merdeka.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyambut baik hadirnya indeks usaha mikro, kecil dan menengah untuk mengukur aktivitas bisnis dan ekspektasi para pengusaha. Indeks ini diyakini bisa memacu pelaku UMKM untuk lebih maju dan mendapat sokongan yang tepat dari pemerintah, swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Anggota Dewan Pertimbangan Apindo, Franky Sibarani mengatakan, indeks usaha mikro dan kecil akan berdampak pada semakin banyaknya pelaku UMKM yang naik kelas. Hal tersebut otomatis berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Bagus sekali inisiatif dari BRI, memacu UMKM untuk maju dan lebih banyak yang naik kelas. Semakin banyak UMKM yang terlibat akan lebih baik. Indeks ini bisa dikembangkan nanti, tentu dengan dukungan pemerintah, supaya lebih masif," ujar Franky di Jakarta, Kamis (12/11).

Di sisi lain, lanjut Franky, BMSI merupakan hal yang beda dengan kebutuhan pendataan tunggal UMKM di Indonesia. Menurutnya, kehadiran indeks khusus ini tidak meniadakan kebutuhan akan hadirnya basis data tunggal UMKM.

Oleh karena itu, dia berharap pembuatan basis data UMKM dapat segera dibentuk oleh pemerintah. "Satu data dari Usaha Mikro sampai Usaha Menengah kapasitasnya pasti berbeda. Sehingga akses ke indeks tentu yang Usaha Menengah akan lebih banyak. Sementara pendataan, kita perlu untuk pengembangan Usaha Mikro yang jumlahnya 63 juta. Leadnya harus oleh Kementerian Koperasi dan UKM dan melibatkan semua stakeholder termasuk swasta, serta BUMN," tutupnya.

Sementara itu, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, BMSI adalah indeks yang dibuat BRI untuk menilai kondisi pelaku UMKM saat ini dan ekspektasi mereka hingga kurun 3 bulan mendatang. Indeks ini terdiri atas dua indikator yakni Indeks Aktivitas Bisnis (IAB) dan Indeks Ekspektasi Aktivitas Bisnis (IEAB).

Baca Selanjutnya: BMSI sendiri bersifat nasional dan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini