APBNP 2016 alokasikan Rp 1,5 triliun untuk Asian Games 2018

Rabu, 7 Juni 2017 16:02 Reporter : Supriatin
APBNP 2016 alokasikan Rp 1,5 triliun untuk Asian Games 2018 Pembangunan stadion aquatik Gelora Bung Karno. ©2017 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Pemerintah mengalokasikan Rp 1,5 triliun dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2016 untuk pembangunan infrastruktur Asian Games 2018. Asian Game sendiri dijadwalkan akan diselenggarakan pada 18 Agustus 2018.

"Dianggarkan di APBNP Rp 1,5 triliun, sisanya akan diambil dari dana Olympic Center yang sekarang sudah kita freeze," kata Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (6/6).

Mardiasmo menyebut, dana sebesar Rp 465 miliar bisa diambil dari Olympic Center. Untuk menutupi kebutuhan lain di Asian Games XVIII, pemerintah akan mencari opsi lain. Berdasarkan usulan Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (Inasgoc) butuh anggaran sebesar Rp 1,8 triliun untuk mensukseskan Asian Games XVIII.

"Nah kekurangan itu nanti dihitung lagi di Kemenpora," ucapnya.

Mardiasmo menambahkan, ada dua kemungkinan yang bisa dilakukan untuk menambah alokasi anggaran Asian Games XVIII. Pertama, mengambil anggaran dari Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN), kedua mengikuti usulan Kemenpora.

"Intinya yang mudah yang mana keluarnya," sambung dia.

Secara terpisah, Menteri Pemuda dan Olahraga memastikan pihaknya akan memantau pencairan anggaran untuk Asian Games XVIII. Kemenpora bahkan menggandeng badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), dan Kejaksaan.

"Pencairan anggaran, penggunaan anggaran harus dipantau," pungkas Imam.

[sau]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini