Anggota DPR Sebut Pembentukan Kementerian Investasi Tak Selesaikan Masalah

Jumat, 16 April 2021 20:21 Reporter : Anggun P. Situmorang
Anggota DPR Sebut Pembentukan Kementerian Investasi Tak Selesaikan Masalah investasi. shutterstock

Merdeka.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Mardani Ali Sera menilai rencana pemerintah membentuk Kementerian Investasi hanya memindahkan akar masalah tanpa menyelesaikan masalah. Menurutnya, ada atau tak ada kementerian khusus tidak memberi pengaruh pada investasi selama akar masalah tidak diselesaikan.

"Terkait Kementerian Investasi, jangan buruk rupa cermin dibelah. Ada rumah bocor, sofanya digeser. Memang sofanya tidak basah tapi bocornya tetap," ujarnya dalam diskusi online, Jakarta, Jumat (16/4).

Mardani mengatakan, hingga kini setidaknya ada tiga masalah mendasar untuk menarik investasi masuk ke dalam negeri. Pertama, Indonesia tidak memiliki penegakan hukum yang kokoh.

"Jadi investasi itu bukan karena ada kementerian, bukan karena adanya undang-undang tapi karena penegakan hukumnya punya kekokohan yang stabil, ada korupsi rendah dan ada birokrasi yang melayani. Tiga ini belum ada," jelasnya.

Mardani menceritakan, pada saat pandemi banyak perusahaan Amerika Serikat merelokasi pabrik. Namun tak satu pun yang memilih Indonesia sebagai daerah tujuan berinvestasi.

"Waktu pandemi Amerika Serikat, merelokasi industrinya sebagian besar ke Vietnam, Thailand atau Malaysia nggak ada ke Indonesia. Padahal kita sudah buka pintu, Indonesia for sale, bahasanya. Jadi buat saya ini kesalahan fundamental dalam membedakan mana fakta, mana fenomena, mana akar masalah," tandasnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini