Anggota DPR Pertanyakan Efektivitas Program Bantuan Subsidi Upah

Senin, 18 Januari 2021 18:07 Reporter : Merdeka
Anggota DPR Pertanyakan Efektivitas Program Bantuan Subsidi Upah Ilustrasi bekerja. ©2019 Merdeka.com/Pexels

Merdeka.com - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan total realisasi Bantuan Subsidi Upah (BSU) secara keseluruhan mencapai 98,91 persen. Rinciannya, untuk gelombang 1 realisasinya 99,11 persen dan gelombang 2 hanya 98,71 persen.

Anggota Komisi IX DPR RI Anas Thahir mempertanyakan kenapa realisasi BSU gelombang 2 turun. Seharusnya data tersebut mengalami peningkatan dibanding realisasi BSU gelombang 1.

"Meskipun data ini menyisakan sedikit pertanyaan kenapa turun 99, 11 persen lalu turun menjadi 98,71 persen pada gelombang 2. Data harusnya naik, mohon dijelaskan? Kenapa Ini mesti turun,” kata Anasa dalam Rapat Kerja Komisi IX bersama Menaker, Senin (18/1).

Selain itu Anas Thahir juga mempertanyakan seberapa efektif BSU untuk menggerakkan roda ekonomi masyarakat. Jika dilihat dari anggaran BSU sebesar Rp29,7 triliun, seharusnya Pemerintah melalui Kemnaker bisa menyalurkan lebih banyak bantuan alternatif lainnya.

"Sebab kalau dirasakan kurang efektif, seharusnya masih banyak alternatif-alternatif lain yang bisa digunakan dengan anggaran ini, misalnya dengan membuka lapangan kerja baru bagi para pekerja yang kehilangan pekerjaan itu," ujar Anas.

Menjawab pertanyaan tersebut, Menaker Ida Fauziyah menyatakan, BSU ini cukup efektif dalam menggerakkan perekonomian Indonesia. Hal itu terbukti pada kuartal III pertumbuhan Indonesia minus 3,49 persen, lebih baik dibanding kuartal II yang minus hingga 5,32 persen.

"Jadi ini saya kira Pak Anas, resesi tidak terlalu dalam terjerembab. Maka segala upaya dilakukan dan kalau menurut prediksinya Bank Indonesia Kuartal 4 pertumbuhan ekonomi kita juga lebih baik lagi, kira-kira pertumbuhan ekonomi kita minus 2-1 persen," jelas Menaker.

Baca Selanjutnya: Tingkatkan Kemampuan Ekonomi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini