Anggota DEN harap pemerintah tak naikkan tarif listrik

Kamis, 1 Februari 2018 14:43 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Anggota DEN harap pemerintah tak naikkan tarif listrik meteran listrik. ©2017 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Anggota Dewan Energi Nasional (DEN), Tumiran, berharap pemerintah tidak menaikkan tarif listrik. Sebab, kenaikan tarif listrik bakal mengganggu laju pertumbuhan ekonomi yang saat sedang ditingkatkan oleh pemerintah.

"Iya lah. Kalau tarif listrik kita naik pertumbuhan ekonomi kita terganggu. Saya yakin," ungkapnya dalam diskusi di Bakoel Koffie, Jakarta, Kamis (1/2).

Menurutnya, listrik merupakan bagian yang berpengaruh besar dalam kehidupan ekonomi masyarakat. Perubahan pada tarif listrik akan menimbulkan efek lanjutan pada sendi-sendi ekonomi yang lain.

"Misalnya orang jual bakpia pakai listrik, listrik naik. Volume bakpia dikurangi meskipun jumlahnya tetap. Karena volume dikurangi, maka pembelian tepung berkurang, telur berkurang. Kan punya korelasi terhadap pertumbuhan ekonomi," jelas dia.

Dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi yang tak laju juga membuat penyerapan tenaga kerja rendah. "Itu (kenaikan tarif listrik) akan jadi beban untuk rakyat. Rakyat juga sekarang mendapatkan lapangan kerja itu kan tidak gampang," tandasnya. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini