Anggaran terserap rendah, menkeu tak mau disalahkan

Jumat, 4 Januari 2013 14:18 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Anggaran terserap rendah, menkeu tak mau disalahkan Agus Martowardojo. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Pemerintah selalu dihadapkan pada persoalan yang sama yakni rendahnya penyerapan anggaran kementerian/lembaga. Namun, Kementerian Keuangan tidak ingin disalahkan atas lambannya pencairan anggaran.

Kementerian Keuangan melihat penyebabnya adalah institusi terkait tidak memberikan detail program yang baik. Rendahnya kesadaran akan perencanaan menjadi penyebab utama.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengklaim, Kementerian Keuangan sangat menjaga anggaran negara bergerak sesuai Undang-Undang yang berlaku.

"Kalau semua dokumennya dan persiapannya baik, sudah dalam bentuk yang memang diatur seperti di UU, tentu kita lepaskan dananya," ujarnya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Jumat (4/1).

Mantan dirut Bank Mandiri ini mengakui sering terjadi penambahan anggaran di tengah tahun dalam proses APBNP. Namun hal itu bukan menjadi alasan penyerapan anggaran menjadi rendah.

Sebab, sepanjang K/L mampu berkoordinasi dengan mitra kerjanya di DPR untuk meminta izin penyelenggaraan proyek, maka semua proses akan berjalan lancar.

Sejak proses pembicaraan dengan DPR, K/L harus sudah menyusun perencanaan proyek. "Justru K/L perlu bicara dengan mitra kerjanya di komisi-komisi di DPR. Ini memerlukan waktu yang lama," tuturnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. APBN
  3. Agus DW Martowardojo
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini