Anda Kena PHK Akibat Corona, Berikut Tips Agar Terhindar dari Stres

Rabu, 20 Mei 2020 05:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Anda Kena PHK Akibat Corona, Berikut Tips Agar Terhindar dari Stres Pengangguran. © Culiklaw.com

Merdeka.com - Mewabahnya virus corona di Indonesia membuat sejumlah perusahaan memutuskan untuk merumahkan karyawan hingga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Keadaan ini tak hanya terjadi di Indonesia, namun juga di negara-negara yang terdampak virus corona.

Di Jakarta, hingga 11 Mei 2020, sebanyak 39.664 perusahaan dengan 323.224 tenaga kerja terdampak pandemi virus Corona atau Covid-19. Di mana sebanyak 6.785 perusahaan melakukan PHK dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 50.891. Sementara itu, terdapat 32.882 perusahaan yang merumahkan karyawan sebanyak 272.333 orang.

Pelatih eksekutif, pembicara utama dan profesor manajemen, Monique Valcour mengatakan, dalam situasi normal, kehilangan pekerjaan adalah salah satu peristiwa paling menegangkan dalam skala peristiwa kehidupan yang penuh tekanan.

Apalagi di tengah krisis saat ini, di mana pemulihan ekonomi belum pasti sehingga para pencari kerja harus menerima kenyataan butuh berbulan-bulan sampai akhirnya mereka bisa mencari kerja lagi. Kondisi ini bisa meningkatkan emosi hingga membuat stres.

Terapis yang berbasis di Austin, Melody Li mengatakan dia mulai mendengar dari klien pada pertengahan Maret tentang bagaimana pandemi itu mempengaruhi kehidupan pribadi mereka. Bagi banyak orang, kehilangan pekerjaan adalah masalah pribadi, bahkan jika itu adalah pengalaman yang dialami jutaan orang pada saat yang sama.

"Kita hidup dalam masyarakat dan budaya di mana banyak identitas dan rasa harga kita ditentukan oleh pekerjaan yang kita lakukan. Ketika kehilangan pekerjaan, itu jauh lebih daripada kehilangan penghasilan. Itu juga berarti kehilangan rutinitas, rasa keteraturan, hubungan yang telah kami bangun dan rasakan, 'jika saya tidak melakukan pekerjaan ini dan memenuhi kebutuhan keluarga saya, apa tujuan saya?" kata Li, yang adalah pendiri komunitas Ahli Terapi Terapis, dilansir CNBC Make It.

Menurutnya, orang-orang yang kehilangan pekerjaan untuk menyalahkan diri mereka sendiri dan bertanya-tanya apa kesalahan mereka secara pribadi hingga akhirnya menjadi pengangguran. Mereka mungkin juga merasa malu karena tidak mampu memberikan stabilitas keuangan dan perlindungan kepada orang-orang yang mereka butuhkan, terutama selama krisis kesehatan.

"Tapi apa yang terjadi sekarang di luar kendali kita. Itu bukan cerminan dari ketangguhan, kekuatan atau keterampilan yang kita miliki," imbuhnya.

1 dari 2 halaman

Apa yang Harus Dilakukan?

Para ahli sepakat hal pertama yang harus diingat setelah kehilangan pekerjaan adalah menjaga diri Anda secara fisik dan mental. Itu berarti mendapatkan tidur yang cukup, mempertahankan rutinitas makan Anda yang biasa, tetap aktif secara fisik dan melindungi kesehatan mental Anda terkait berita dan pengalaman pandemi pribadi Anda.

Perhatikan juga bagaimana Anda segera merespons kehilangan pekerjaan. Li mengatakan orang akan sering bereaksi dalam satu dari tiga cara: berkelahi (seperti bekerja terlalu keras untuk mencari pekerjaan baru), penerbangan (seperti mencari pengalih perhatian) atau membeku (seperti merasa putus asa dan lumpuh).

Mengenali akar penyebab mengendalikan stres Anda sehingga Anda dapat mengendalikan dan mengatasi situasi, kata Li. Misalnya, jika Anda melihat betapa sulitnya bagi orang tua untuk menangani kehilangan pekerjaan sendirian dan mendapati diri Anda melakukan hal yang sama, mengenali pola-pola itu dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih jelas, lebih berdaya untuk diri sendiri.

Selain itu, Valcour mengatakan akan bermanfaat untuk mengingatkan diri sendiri tentang apa yang Anda kontrol setelah kehilangan pekerjaan. Cari tahu apa yang perlu Anda lakukan dalam jangka pendek untuk memastikan Anda dapat memenuhi kebutuhan perumahan, makanan, tagihan, kesehatan, dan kebutuhan penting lainnya saat ini.

Ketahui siapa yang harus dihubungi untuk meringankan tekanan finansial. Juga mengenal proses pengarsipan untuk pengangguran. Sama pentingnya dengan memberi diri Anda waktu untuk memproses berita, penting juga untuk memastikan Anda tidak menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memikirkan bahwa itu menjadi kebiasaan yang tidak sehat.

Salah satu praktik yang direkomendasikan Li kepada klien adalah menyisihkan waktu setiap hari untuk memikirkan tiga gagasan: apa yang membuat Anda khawatir, apa yang Anda syukuri, dan masalah apa yang dapat Anda selesaikan secara aktif. Beri diri Anda batas waktu, ucapkan 5 menit untuk setiap ide, untuk memikirkannya, menuliskan pikiran Anda atau membicarakannya dengan teman. Kemudian, Anda dapat mulai memecahkan masalah yang sebenarnya bisa dipecahkan.

Juga pikirkan bagaimana Anda dapat mengendalikan kehidupan pribadi Anda, seperti dengan memprioritaskan hubungan dan menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang dicintai. Dengan berfokus pada apa yang bisa Anda kendalikan, Anda bisa menurunkan kecemasan dan memanfaatkan kemampuan Anda untuk menjadi banyak akal.

2 dari 2 halaman

Lihat ke Depan

depan

Valcour mengatakan, mungkin akan ada titik waktu untuk memikirkan jangka panjang. Pikirkan tentang kesempatan ini sebagai waktu untuk berpikir lebih banyak tentang apa yang Anda inginkan di fase selanjutnya dalam hidup Anda.

Ketika Anda sudah berusaha memastikan bahwa Anda dapat menangani dampak langsung dari kehilangan pekerjaan Anda, Anda mungkin dapat mengambil langkah mundur dan mempertimbangkan kembali apa yang Anda inginkan dari fase selanjutnya dalam karier Anda.

"Sangat mudah, ketika Anda melakukan satu pekerjaan untuk sementara waktu, untuk berpikir bahwa satu-satunya hal yang memenuhi syarat untuk Anda lakukan dan tidak ada cara untuk meyakinkan seseorang di bidang lain untuk mempekerjakan Anda," jelasnya.

"Keterampilan kunci untuk berlatih adalah melihat keterampilan yang dapat ditransfer yang mereka miliki dan bagaimana menunjukkan keterampilan itu dan kontribusi yang dapat mereka buat dengan organisasi." [azz]

Baca juga:
Tips Jitu Kelola THR di Tengah Pandemi Corona
Ada Social Distancing, Ini 5 Strategi Bangun Relasi Kerja meski dari Rumah
Sering Belanja Online Karena WFH, Ini Tips Agar Kantong Tak Jebol
Tips Bertahan Hidup Meski Gaji Kena Potong Akibat Pandemi Covid-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini