Anak orang kaya nomor 10 Indonesia beberkan kunci sukses ayahnya

Jumat, 5 Desember 2014 17:30 Reporter : Saugy Riyandi
Anak orang kaya nomor 10 Indonesia beberkan kunci sukses ayahnya Sukanto Tanoto. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Board of Trustees Tanoto Foundation Anderson Tanoto yang tak lain anak dari taipan bisnis industri sawit Sukanto Tanoto, membeberkan kunci sukses ayahnya yang kini berhasil duduk di peringkat 10 orang terkaya di Indonesia 2014 versi Majalah Forbes dengan total kekayaan sebesar USD 2,1 miliar.

"Ayah saya mengajarkan tiga faktor yang menentukan entrepreneur itu sukses atau gagal," ujar dia dalam acara Tanoto Foundation di Jakarta, Jumat (5/12).

Anderson menyebut tiga faktor tersebut selalu diajarkan oleh ayahnya yang tak lain bos besar Royal Golden Eagle (RGE). Faktor pertama, kegigihan. Usaha atau bisnis tidak pernah lepas dari cobaan, untuk itu sifat kegigihan sangat diperlukan dalam diri seorang pengusaha.

"Entrepreneur dituntut memiliki semangat pantang menyerah," kata dia.

Faktor kedua, pengusaha harus memiliki inovasi dan tak berhenti menciptakan perbedaan dalam membangun kerajaan bisnisnya. "Uniqueness, kunci sukses entrepreneur," kata dia.

Terakhir, pengusaha yang sukses memiliki semangat belajar dari kegagalan. Sehingga, lanjut dia, dapat menjadi evaluasi untuk seorang pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. "Melakukan perbaikan dari kesalahan kita, agar tidak terulang," tegasnya.

Anderson menyebut, Indonesia masih membutuhkan 1,2 juta pengusaha dalam 10 tahun ke depan. Terbuka peluang untuk menjadi pengusaha-pengusaha sukses. Dalam kuliah umum bertema wirausaha itu hadir pula Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Bos PT Sidomuncul Irwan Hidayat. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Forbes
  2. Orang Terkaya
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini