Anak Muda Ibu Kota Lebih Suka Sewa Dibanding Punya Apartemen

Sabtu, 14 September 2019 08:00 Reporter : Tim Merdeka
Anak Muda Ibu Kota Lebih Suka Sewa Dibanding Punya Apartemen Ilustrasi Apartemen. ©2019 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Kehidupan di Jakarta selalu identik dengan biaya hidup yang tidak murah. Sebab, Jakarta termasuk ke dalam posisi teratas untuk 10 kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Akibatnya, banyak anak muda di Jakarta yang tidak memiliki ketertarikan dalam membeli properti di Jakarta.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh portal properti Lamudi.co.id, anak muda di Jakarta lebih memilih untuk menyewa apartemen dibanding membelinya. Dari 100 responden, sebanyak 82 orang menjawab bahwa mereka lebih memilih untuk menyewa apartemen. Sisanya sebanyak 18 orang memilih untuk membeli apartemen.

Menurut Commercial Director Lamudi.co.id, Yoga Priautama, ada tiga faktor yang membuat anak muda lebih memilih untuk menyewa daripada membeli apartemen. Faktor pertama adalah adanya ketidaksesuaian antara penghasilan dengan harga beli apartemen di Jakarta.

Meskipun sudah banyak penawaran dari berbagai bank mengenai fasilitas Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), tetapi bunganya dinilai masih cukup tinggi. "Awalnya cicilan memang terasa ringan karena bunganya flat, tetapi jika sudah floating, nilainya terasa cukup berat," kata Yoga dalam keterangan tertulis di Jakarta, kemarin.

Terlebih, banyak anak muda yang belum tertarik untuk memiliki properti. Kebanyakan dari mereka lebih memilih untuk menghabiskan uangnya pada kebutuhan sekunder, seperti membeli gadget baru, pakaian baru ataupun traveling.

Kendati demikian, bagi mereka yang membeli apartemen, tentu mereka akan direpotkan dengan urusan perawatan. Membeli apartemen juga harus siap dengan konsekuensi untuk memperbaikinya jika mengalami kerusakan. Permasalahannya, banyak anak muda yang tidak ingin berurusan dengan hal tersebut karena sebagian waktunya sudah dipakai untuk bekerja.

Reporter Magang: Rhandana Kamilia [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini