Anak Buah Curhat Tantangan Berat Selama Bekerja di Bawah Pimpinan Menhub Budi

Kamis, 5 Desember 2019 14:46 Reporter : Dwi Aditya Putra
Anak Buah Curhat Tantangan Berat Selama Bekerja di Bawah Pimpinan Menhub Budi Budi Karya Sumadi. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiadi bercerita mengenai beberapa tantangan berat selama bekerja di bawah arahan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Salah satunya adalah ketika harus turun tangan mengurusi regulasi mengenai taksi online.

"Online satu fenomena terjadi pada 2017 kita buat regulasi sampai 3 kali sampai akhirnya selesai. Ini tantangan berat bagi saya," kata dia saat ditemui di Kantornya, Jakarta, Kamis (5/12).

Menurutnya, tak mudah membuat aturan yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Apalagi taksi online ini merupakan lapangan kerja baru, sehingga harus benar-benar membuat kebijakan tepat yang saling menguntungkan.

Beberapa kali, dalam membuat kebijakan Budi juga mengundang dan melibatkan asosiasi terkait. Hal tersebut dinilai tepat untuk mendengar berbagai masukan dari pihak luar. Menurut dia, pola seperti inilah yang kemudian membuat kebijakan dibuatnya dapat diterima dengan baik.

"Peraturan Menteri Nomor 188 terakhir kita selesaikan sampai sekarang taxi online sedikit lah, tinggal menyampaikan kepada masyarakat. Sekarang sudah bisa diterima," kata dia.

1 dari 1 halaman

Regulasi Ojek Online

Tak hanya itu, tantangan berat lainnya juga ketika diminta untuk membuat satu regulasi menangani ojek online. Karena tidak ada regulasi, sehingga dirinya harus meminta masukan dari berbagai mitra kerja.

"Kalau sampai diregulasi berbahaya, karena kecelakaan banyak terlibat adalah motor. Akhirnya ada satu hal kita buat tim polanya sama kita libatkan asosiasi ada dua regulasi masukan eselon 1 kalau boleh saya katakan dari dua regulasi cukup kondusif," jelasnya. [idr]

Baca juga:
Stasiun Manggarai Jadi Sentral Kereta Jarak Jauh, KRL & Kereta Bandara di 2021
Kemenhub Sanksi Garuda Indonesia Jika Terbukti Bersalah Angkut Harley Ilegal
Menhub Budi Baca Cibiran di Media Sosial: Capek Deh!
Libur Natal & Tahun Baru, Garuda Indonesia Diskon Tiket 30 Persen di Senin dan Kamis
Menhub Budi Sebut Pembangunan Infrastruktur 5 Tahun Pertama Jokowi Belum Maksimal

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini