Alasan Pentingnya Miliki Manusia Berkualitas Wujudkan Mimpi RI Menjadi Negara Maju

Selasa, 10 November 2020 19:53 Reporter : Merdeka
Alasan Pentingnya Miliki Manusia Berkualitas Wujudkan Mimpi RI Menjadi Negara Maju Ilustrasi wawancara kerja. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Odua Images

Merdeka.com - Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset Inovasi Nasional Indonesia, Bambang Brodjonegoro, menyatakan bahwa kunci agar bisa menjadi negara maju adalah dengan memperbaiki kualitas sumber daya manusia. Dengan begitu, Indonesia dapat mengedepankan ekonomi berbasis inovasi, sehingga tidak hanya sekadar mengolah tetapi juga membuat sesuatu yang baru dan inovatif.

"Target terdekat kita adalah harus mulai memperkuat struktur ekonomi, salah satunya dengan lebih meningkatkan daya saing dari sektor manufaktur. Sehingga, ekonomi Indonesia bukan lagi hanya menggantungkan diri pada Sumber Daya Alam (SDA) menjadi berbasis pada pengolahan sumber daya alam sendiri," ujar Menteri Bambang dalam Webinar yang diadakan oleh Insan Bisnis dan Industri Manufaktur Indonesia (IBIMA) pada Selasa (10/11).

Hal ini disampaikan oleh Menteri Bambang sebagai perwujudan dari mimpi 100 tahun Indonesia Merdeka untuk menjadi sebuah Negara Berpendapatan Tinggi di tahun 2045. "Ini tentu bukan hal yang otomatis dan perlu kita tingkatkan, karena tidak semua negara bisa sampai di titik itu," ucapnya.

Oleh karenanya, Indonesia tidak bisa terus-menerus bergantung pada hasil alam yang kaya. Dalam paparannya, Menteri Bambang mengambil contoh negara-negara kecil yang sumber daya alamnya sedikit, tapi tergolong negara maju. Kedua negara tersebut adalah Swedia dan Korea Selatan.

"Yang membuat Korea Selatan dan Swedia keluar dari fase-fase middle income trap itu adalah sumber daya manusia mereka yang kapasitasnya terus berkembang. Sehingga, yang harus kita kembangkan saat ini ya SDM kita juga," imbuh Menteri Bambang.

Kapasitas SDM yang mumpuni, menurut Menteri Bambang adalah mereka yang memiliki kemampuan menyusun riset, mengembangkannya, sampai ke tahap hilirisasi hasil riset. Riset yang dihasilkan tentunya harus mampu membawa Indonesia ke dalam upaya peningkatan produktivitas, peningkatan investasi, menghasilkan masyarakat melek teknologi dan perbaikan pasar tenaga kerja. Diharapkan, manufakturnya bukan hanya lagi mengolah sumber daya alam, tetapi berbasis inovasi dan mengundang penemuan baru.

Baca Selanjutnya: Faktor Pendorong Peningkatan Kualitas SDM...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini