Alasan Pemerintah Terapkan PPKM Level 3 Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Kamis, 18 November 2021 13:29 Reporter : Anisyah Al Faqir
Alasan Pemerintah Terapkan PPKM Level 3 Selama Libur Natal dan Tahun Baru Menko Airlangga. ©2020 Foto: Lutfi/Humas Ekon

Merdeka.com - Pemerintah memutuskan menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 pada 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan kebijakan ini diambil untuk menghindari lonjakan kasus selama musim libur natal dan tahun baru.

"Jadi nataru tahun ini berbeda namun kita tidak boleh kendor, tetap kita waspada," kata Airlangga dalam diskusi Kompas CEO Forum 2021 di JCC, Jakarta Pusat, Kamis (18/11).

Menurutnya, situasi tahun ini berbeda dengan tahun lalu, di mana menjelang libur nataru belum ada masyarakat yang mendapatkan vaksinasi. Sementara itu, saat menyebar varian delta di pertengahan tahun 2021, akselerasi vaksin dosis pertama sudah mencapai 25 persen.

Di sisi lain, Menteri Kesehatan menargetkan tahun ini vaksinasi dosis pertama harus sudah disuntikkan sebanyak 60 persen dan dosis kedua lebih dari 40 persen.

Untuk itu, pemerintah tidak ingin mengambil resiko yang lebih lanjut. Terlebih Pemerintah menginginkan situasi eknomi pada Januari tahun depan sudah bisa bergerak lebih baik lagi.

"Jadi kita tidak mau ambil risiko dengan harapan kita bisa melampaui tikungan pertama, maka situasi ekonomi di Januari kita bisa terus didorong," kata dia mengakhiri. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini