Alasan Menteri Susi Pilih Tenggelamkan Kapal Pencurian Ikan Dibanding Dilelang

Senin, 14 Oktober 2019 13:46 Reporter : Merdeka
Alasan Menteri Susi Pilih Tenggelamkan Kapal Pencurian Ikan Dibanding Dilelang Menteri Susi Pudjiastuti dan Kapal Pencuri Ikan. ©Humas KKP

Merdeka.com - Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menilai penenggelaman kapal menjadi langkah efektif memberi efek jera pelaku pencurian ikan. Dia lebih suka menenggelamkan dibanding melelang kapal para pencuri ikan.

"Ya, sudah jelas tenggelamkan dong," ujar Menteri Susi saat ditemui di Gedung Mina Bahari 4 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Senin (14/10).

Menteri Susi menjelaskan, kalau dilelang, kapal tersebut kemungkinan besar bisa dipakai untuk mencuri ikan lagi. Sehingga, jalan terbaiknya adalah dengan menenggelamkannya.

"Kalau dilelang, nanti ditangkap lagi. Kita berapa kali menangkap, sudah begitu dilelang, dibeli sama yang punya (kapal), lalu nangkap lagi. Memangnya kita kurang kerjaan," tuturnya.

Namun dalam konteks tertentu, bisa saja kapal tersebut dijadikan monumen untuk pelatihan atau digunakan untuk hal lain selain dilelang.

"Ya, satu, dua kapal bisa, lah (dijadikan monumen), tidak ditenggelamkan. Tapi selebihnya ditenggelamkan (kapal pencurian ikan)," jelas Menteri Susi.

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6 [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini