Alasan Menteri Rini copot bos Garuda Indonesia terkuak

Selasa, 18 April 2017 13:05 Reporter : Idris Rusadi Putra
Alasan Menteri Rini copot bos Garuda Indonesia terkuak Arif Wibowo ditunjuk sebagai Dirut Garuda. ©Reuters

Merdeka.com - Menteri badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) telah mencopot Arif Wibowo dari jabatannya sebagai direktur utama. Selanjutnya, Rini mengangkat mantan direktur keuangan Bank Mandiri Pahala Nugraha Mansyuri menjadi bos maskapai pelat merah tersebut.

Salah satu alasan pencopotan Arif adalah karena Menteri Rini belum puas dengan kinerja Arief Wibowo selama menjabat sebagai Direktur Utama PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA). Dalam pandangan Rini, Garuda belum cukup kuat selama dipimpin oleh mantan dirut Citilink tersebut. Padahal, Rini berharap BUMN maskapai tersebut bisa berkompetisi baik di lingkup nasional maupun global.

"Belum (kekuatan Garuda di zaman Arief Wibowo). Memang menurut saya ada hal yang saya melihat masih perlu diperkuat," katanya di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (18/4).

Menurut Rini, saat ini Garuda memerlukan restrukturisasi secara menyeluruh, baik dari segi operasional maupun keuangan. Terutama, terkait sinergi dengan anak usaha perusahaan pelat merah tersebut.

"Jadi memang struktur secara operasional menyeluruh, terutama sinergi antara Garuda, Citilink, dengan GMF, dan aktifitas yang lain termasuk Aerowisatanya," imbuhnya.

Kompetitor Garuda saat ini sudah banyak melakukan sinergi dan eksperimen dengan anak usahanya. Mereka tak hanya menjual tiket, namun juga paket komplit dengan hotel dan akomodasinya.

Hal inilah yang ingin diwujudkan Rini melalui pergantian posisi dirut tersebut. Pahala N Mansury diharapkan bisa mewujudkan cita-cita tersebut.

"Bagaimana kedepan kompetitor kita mereka menjualnya dengan paket. Bukan hanya tiket pesawat, tapi juga hotelnya, transportasi daratnya. Nah ini yang secara sistem mau kita perbaiki disana," pungkasnya. [sau]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini