Akuisisi bank umum dan asuransi, MNC Kapital alokasikan Rp 2 T

Selasa, 3 Mei 2016 19:35 Reporter : Pramirvan Datu Aprillatu
Akuisisi bank umum dan asuransi, MNC Kapital alokasikan Rp 2 T MNC Tower. simtropolis.com

Merdeka.com - PT MNC Kapital Indonesia Tbk berencana bakal melebarkan sayap bisnisnya melalui akuisisi satu bank umum serta perusahaan asuransi. Realisasi tersebut mengalokasikan dana hingga mencapai Rp 2 triliun.

Nantinya, dana sebesar Rp 1-1,5 triliun akan dialokasikan untuk mengakuisisi bank umum. Sisanya, dana itu akan dialokasikan untuk akuisisi perusahaan asuransi sekitar Rp 300-500 miliar.

"Sejalan dengan imbauan OJK adanya konsolidasi bank kecil jadi satu. Jadi, kami diminta OJK untuk akuisisi bank kecil. Tahun lalu sudah mulai, mudah-mudahan tahun ini bisa. Rencananya bukan mnc bank yang akuisisi tapi kami yang akuisisi kemudian dimerger jadi satu. Kami usahakan tahun ini. Sampai sekarang lagi lihat beberapa," ujar Direktur Utama MNC Kapital Indonesia Darma Putra di Jakarta, Selasa (3/5).

Darma menegaskan perolehan dana tersebut bakal melalui hasil penerbitan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau right issue.

"Pendanaannya kita dari right issue. Tadi kita ada waran nilainya Rp 827 miliar. Itu belum termasuk kita ada right issue lagi. Tahun lalu itu kita right issue sampai Rp 1 triliun. Kalau ada target kita bisa right issue hingga Rp 1 triliun," tegas dia.

Kendati demikian, Darma enggan merinci bank dan asuransi yang sedang diincar perseroan. "Kita sedang lihat 3 bank. Itu bank umum," pungkas dia. [sau]

Topik berita Terkait:
  1. MNC
  2. Bursa Saham
  3. Akuisisi
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini