Aksi ambil untung buat harga minyak dunia anjlok

Rabu, 27 September 2017 12:00 Reporter : Saugy Riyandi
Aksi ambil untung buat harga minyak dunia anjlok Ekplorasi Minyak. shutterstock

Merdeka.com - Harga minyak dunia turun pada Selasa (Rabu pagi WIB). Hal ini disebabkan banyaknya aksi ambil untung yang dilakukan investor usai kenaikan harga minyak berturut-turut.

Dikutip Antara, Rabu (27/9), harga minyak melonjak hampir empat persen pada sesi sebelumnya, setelah produsen-produsen minyak utama mengatakan dalam sebuah pertemuan di Wina, bahwa pasar global sedang dalam perjalanan menuju penyeimbangan kembali.

Menteri perminyakan Kuwait mengatakan bahwa pengekangan produksi telah membantu mengurangi persediaan minyak mentah global ke rata-rata lima tahun mereka, yang merupakan target OPEC.

Dilaporkan bahwa Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC), Rusia dan beberapa produsen utama lainnya telah mengurangi produksi sekitar 1,8 juta barel per hari sejak awal 2017, membantu menaikkan harga minyak sekitar 15 persen dalam tiga bulan terakhir.

Selain itu, jumlah rig yang beroperasi di ladang-ladang minyak AS turun empat rig menjadi total 744 rig pada minggu lalu.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November, turun USD 0,34 menjadi menetap di USD 51,88 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman November, melemah USD 0,58 menjadi ditutup pada USD 58,44 per barel di London ICE Futures Exchange. [sau]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini