Akibat Taksi Online, Pemilik Blue Bird Keluar Dari Daftar Orang Terkaya RI

Kamis, 13 Desember 2018 12:37 Reporter : Anggun P. Situmorang
Akibat Taksi Online, Pemilik Blue Bird Keluar Dari Daftar Orang Terkaya RI Pemilik Blue Bird keluar dari daftar orang terkaya. ©2013 Merdeka.com/dwi narwoko

Merdeka.com - Forbes Indonesia merilis rich list atau daftar 50 orang terkaya Indonesia sepanjang 2018. Aset bersih 50 orang terkaya ini, mencetak rekor baru dengan total nilai USD 129 miliar, naik USD 3 miliar dibanding tahun lalu.

Bersamaan dengan adanya daftar baru ini, Forbes juga mencatat sebanyak 5 orang keluar dari daftar 50 orang terkaya Indonesia. Salah satunya adalah Purnomo Prawiro.

Purnomo Prawiro merupakan pengusaha pemilik Blue Bird. Perusahaan yang berdiri sejak 1972 ini, diketahui mengalami penurunan saham hingga 25 persen sepanjang 2018.

"Purnomo Prawiro termasuk salah satu dari lima orang yang keluar dari daftar Rich List tahun ini karena harga saham perusahaan taksi milik keluarganya, Blue Bird, jatuh lebih dari 25 persen," demikian dikutip keterangan resmi Forbes, Jakarta, Kamis (13/12).

Penurunan saham Blue Bird ditengarai munculnya perusahaan taksi online seperti Grab dan Go-Car milik Go-Jek. "Saham Blue Bird jatuh lebih dari 25 persen di tengah kompetisi ketat dengan perusahaan taksi online seperti Grab."

Sebagai informasi, Daftar 50 orang terkaya Indonesia versi Forbes disusun berdasarkan informasi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang didapatkan dari keluarga dan individu, bursa efek, laporan tahunan dan analis. Nilai aset yang dicantumkan mencakup kekayaan individu dan keluarga, termasuk kekayaan bersama antara pendiri perusahaan dan kerabat keluarga terdekat.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini