Akhir 2019, KCIC Optimistis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Setengah Selesai

Selasa, 1 Oktober 2019 11:40 Reporter : Dwi Aditya Putra
Akhir 2019, KCIC Optimistis Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sudah Setengah Selesai KCIC Pasang Girder di Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC), Chandra Dwiputra, mengaku optimistis progres pengerjaan kereta cepat Jakarta-Bandung hingga akhir 2019 bisa menyentuh 50 persen. Mengingat sejauh ini, progres pembangunan sudah mencapai sekitar 35 persen.

"Insya Allah tahun ini sedang nge-push kontraknya di atas itu, jadi terjelek 50 persen inysa Allah dapat lah," kata dia saat ditemui di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (1/10).

Seperti diketahui, proyek ini secara keseluruhan ditargetkan rampung pada 2021. Pada kuartal II-2021 (April-Juni), kereta cepat sudah mulai uji coba selama tiga sampai empat bulan sebelum beroperasi penuh.

Kapasitas angkut kereta cepat pertama di Indonesia ini adalah sekitar 109.000 penumpang per hari, dan dapat memangkas waktu tempuh dari Jakarta ke Bandung maupun sebaliknya hingga 36 menit (untuk perjalanan langsung) dan 46 menit (untuk perjalanan tak langsung).

Kereta ini merupakan hasil pengembangan tipe CRH380A oleh perusahaan China, CRRC Qingdao Sidang. Berbekal teknologi terbaru tersebut, harga tiket kereta cepat Jakarta-Bandung diperkirakan berada pada kisaran Rp229 ribu.

Sebelumnya, Menteri BUMN, Rini Soemarno juga menargetkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung buatan PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) bisa rampung separuhnya pada akhir 2019. Adapun saat ini progres konstruksi proyek ini telah lebih dari 34 persen.

"Sampai tahun ini Insya Allah kita targetkan selesainya 50 persen (kereta cepat). Jadi ini yang sekarang kita coba cepat selesaikan adalah tiang-tiangnya sudah selesai, tinggal memindahkan kabel transmisi listrik yang ada di Cikarang," tuturnya. [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini