Ajak Investasi Estonia, Menko Airlangga Banggakan RI Miliki 6 Unicorn

Rabu, 14 Juli 2021 19:35 Reporter : Anisyah Al Faqir
Ajak Investasi Estonia, Menko Airlangga Banggakan RI Miliki 6 Unicorn Menko Airlangga. Istimewa ©2021

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengadakan pertemuan dengan Presiden Estonia Kersti Kaljulaid. Dalam pertemuan tersebut, keduanya membahas pengembangan digital di masing-masing negara.

Menko Airlangga menjelaskan, Indonesia saat ini sedang mengembangkan data digital dan juga investasi sehingga kemungkinan untuk kerja sama ekonomi sangat terbuka. Setidaknya ada enam perusahaan perintis unicorn dengan valuasi lebih dari USD 1 miliar.

"Saat ini, Indonesia juga memiliki enam startup unicorn dengan valuasi lebih dari US$1 miliar. Ini semakin menunjukkan perkembangan ekonomi digital di Indonesia sangatlah luar biasa, dan potensi serta talenta yang terus bertambah," kata Menko Airlangga dalam pertemuan tersebut, Singapura, Rabu (14/7).

Mantan Ketua DPR RI ini juga menjelaskan Pemerintah Indonesia telah memiliki regulasi yang mempermudah proses investasi langsung. Adanya UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja menjadi payung hukum bagi para investor dalam mendapatkan kemudahan dalam berusaha.

"UU No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja memudahkan investasi di Indonesia melalui kemudahan berusaha atau ease of doing business menjadi lebih transparan, lebih cepat dan lebih mudah," kata dia.

Mendengar penjelasan tersebut, Presiden Estonia, Kersti Kaljulaid menyatakan keinginannya untuk turut serta dalam pengembangan data digital di Indonesia. Apalagi sebelumnya kedua negara telah melakukan pertemuan secara virtual pada April 2021 lalu. Sehingga kerja sama digital antar kedua negara sangat penting melihat potensi dan perkembangan teknologi saat ini.

Baca Selanjutnya: Selanjutnya...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini