Airlangga Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di 2019

Rabu, 20 Maret 2019 15:10 Reporter : Merdeka
Airlangga Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di 2019 Kain tenun Baduy. ©istimewa

Merdeka.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menargetkan ekspor produk tenun dan batik naik 10 persen pada tahun ini. Tercatat, ekspor kedua komoditas asli nusantara di 2018 mencapai USD 53,3 juta.

Menurutnya, tenun dan batik Indonesia merupakan produk dengan nilai tambah yang tinggi. Oleh sebab itu, wajar jika nilai ekspornya meningkat setiap tahun.

"Kita targetkan tahun ini naik 10 persen. Ini kan high fashion, itu nilai tambahnya tinggi dan sangat unik. Ini tekstil bukan sebagai komoditas," ujar dia di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (20/3).

Dia menjelaskan, selama ini ekspor tenun dan batik Indonesia mayoritas ke negara-negara maju seperti Jepang, Belanda dan Amerika Serikat (AS). Namun dengan desain yang semakin beragam, diharapkan bisa menarik lebih banyak negara untuk membeli tenun dan batik Indonesia.‎

"Apalagi sekarang ini kemampuan dari kain dan lain-lain sudah banyak format dan bentuknya," kata dia.

Selain itu, Airlangga juga meminta para pengerajin serta pengusaha tenun dan batik untuk terus berinovasi, khususnya dalam hal bahan baku. Sehingga, tenun dan batik Indonesia bisa bersaing dengan produk sejenis dari negara lain.‎

"Tadi juga sudah ada substitusi dari sutra dan pabriknya sudah ada di sukoharjo. Ini didorong untuk berani memakai material baru, sehingga dari segi desain dan kenyamanan dipakai semakin meningkat," tandas dia.

Reporter: Septian Deny

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini