Airlangga Sebut Kasus Harian di Luar Jawa Bali Alami Penurunan

Senin, 22 November 2021 17:49 Reporter : Anisyah Al Faqir
Airlangga Sebut Kasus Harian di Luar Jawa Bali Alami Penurunan Menko Airlangga. ©2020 Foto: Lutfi/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, kasus harian Covid-19 selama seminggu terakhir di provinsi selain Jawa-Bali mengalami penurunan. Penurunan tertinggi terjadi di wilayah Sumatera dengan angka 98,51 persen. Sedangkan wilayah dengan penurunan terendah di Papua yakni 89,6 persen.

"Seluruhnya (provinsi luar Jawa-Bali) mengalami penurunan kasus aktif," kata Airlangga dalam konferensi pers, Jakarta, Senin (22/11).

Meski begitu ada beberapa provinsi yang mengalami peningkatan kasus harian dalam sepekan terakhir. Misalnya di Nusa Tenggara Timur naik 77 kasus, di Kalimantan Barat naik 43 kasus, di Bangka Belitung naik 16 kasus, dan di Sulawesi Utara naik 6 kasus.

Adanya peningkatan kasus tersebut tidak membuat pemerintah menaikkan level PPKM di wilayah-wilayah tersebut. "Seluruhnya tetap dalam level yang sama, tidak ada kenaikan level dari hasil asesmen provinsi di luar Jawa-Bali," imbuhnya.

Untuk itu, sampai 22 November ini tidak ada satupun provinsi yang menerapkan PPKM level 3 dan 4. Sementara itu 20 provinsi berada di level PPKM 2 dan 7 provinsi ada di PPKM level 1.

"Tujuh provinsi yang menerapkan PPKM level 1 yakni Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sumatera Utara, Lampung, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Utara," kata dia mengakhiri. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini