Airlangga Sebut Industri Rokok dan Tembakau Masih Tumbuh Saat Pandemi

Jumat, 26 Juni 2020 16:32 Reporter : Dwi Aditya Putra
Airlangga Sebut Industri Rokok dan Tembakau Masih Tumbuh Saat Pandemi Menko Airlangga. ©2020 Tebe/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengklaim bahwa tidak semua sektor terdampak akibat Covid-19. Sebab, masih ada beberapa sektor industri yang justru meningkatkan kinerjanya di tengah wabah virus corona, salah satunya industri rokok dan tembakau.

"Ada juga sektor yang tidak terlalu terkena secara dalam yaitu sektor rokok dan tembakau. Karena (pandemi covid) makin pusing makin banyak yang merokok dan ini kita juga lihat dari pendapatan Cukai dari rokok juga masih baik," kata dia dalam web dinar yang digelar secara virtual di Jakarta, Jumat (26/6).

Tak hanya itu, peningkatan sektor lainnya juga terlihat pada makanan pokok yang tumbuh sebesar 13 persen hingga per 17 Juni 2020 kemarin. Peningkatan sama juga terjadi di sektor batubara yang mengalami peningkatan sebesar 36 persen.

"Kemudian Farmasi seperti kita ketahui kebutuhan yang tinggi baik domestik maupun global tumbuh 13 persen dan juga minyak nabati terutama minyak CPO karena kita berhasil membuat program B30 maka ini adalah sektor-sektor yang dapat menghela Indonesia recover lebih cepat," jelas dia.

Sementara jika melihat, beberapa sektor yang mengalami dampak secara signifikan terhadap pandemi Covid-19 ini dirasakan oleh pariwisata, transportasi, dan sektor keuangan lainnya. Bahkan sektor Usaha Mikro Kecil Menengah yang jadi penyelamat saat krisis 1998 pun ikut terdampak signifikan. [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini