Airlangga Prediksi Harga CPO Naik Menjadi Rp668 per Ton di 2021

Rabu, 2 Desember 2020 15:26 Reporter : Siti Nur Azzura
Airlangga Prediksi Harga CPO Naik Menjadi Rp668 per Ton di 2021 Menko Airlangga Hartarto. ©2019 Foto: Lutfi/Humas Ekon

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memprediksi harga minyak sawit mentah atau CPO naik menjadi sekitar USD668 per ton di 2021. Menurutnya, permintaan minyak sawit di tahun depan diperkirakan pulih, seiring dengan perekonomian yang kembali terbuka.

Selain itu, peningkatan harga CPO juga didukung oleh berlanjutnya kebijakan biodiesel yang diterapkan pemerintah melalui mandatori Program Biodiesel 30 atau B30, serta adanya peningkatan permintaan oleh mitra dagang besar.

"Dengan mempertimbangkan faktor-faktor ini, minyak sawit diperkirakan akan mengalami sedikit peningkatan harga pada tahun 2021 menjadi sekitar 668 dolar AS per metrik ton dari 650 dolar per metrik ton pada tahun 2020," kata Menko Airlangga dalam pembukaan konferensi minyak sawit terbesar Indonesian Palm Oil Conference (IPOC) 2020, dikutip Antara, Rabu (2/12).

Dia menjelaskan, minyak sawit telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi lapangan kerja bagi lebih dari 16 juta orang dan memberikan kontribusi rata-rata sekitar USD20 miliar per tahun. "Selama pandemi industri minyak sawit terus memberikan kontribusi pada kegiatan ekonomi yang masih menunjukkan perkembangan yang positif," imbuhnya.

Baca Selanjutnya: Menurut dia industri sawit yang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini