Airlangga Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2021 Tumbuh 5 persen

Senin, 9 November 2020 14:37 Reporter : Merdeka
Airlangga Optimis Pertumbuhan Ekonomi Kuartal I-2021 Tumbuh 5 persen pertumbuhan ekonomi. ©2019 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto optimis pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021 bisa tumbuh sebesar 5 persen. Hal ini terlihat pertumbuhan ekonomi di Kuartal III mengalami perbaikan, meskipun minus 3,49 persen, namun angka ini naik dibanding pertumbuhan ekonomi di kuartal II sebesar minus 5,05 persen.

"Kita melihat ke depan di tahun 2021, kita berharap pertumbuhan kita akan mencapai seperti apa yang disampaikan oleh world bank, ADB, IMF pertumbuhan kita diperkirakan sekitar 5 persen," kata Airlangga dalam talkshow Update KPCPEN: Pemulihan Ekonomi Nasional, Senin (9/11).

Hal itu menunjukkan bahwa apa yang dilakukan oleh pemerintah seluruhnya sudah berada dalam jalur yang benar atau on right track. Lantaran kini tingkat kesembuhan pasien covid-19 sudah mencapai 84 persen.

"Jadi kalau di Kuartal keempat kita bisa pertahankan pertumbuhan ini maka tentu kita berharap pada Kuartal keempat bisa masuk jalur positif walaupun secara konservatif kita mengatakan minus 1,6 persen sampai dengan positif 0,6 persen," jelasnya.

Kemudian, tingkat kematian masih sedikit di atas global dan Airlangga melihat penanganan covid maupun pemulihan ekonomi dilakukan dengan gas rem yang seimbang. Apalagi pertumbuhan di sektor pertanian selalu positif selama pandemi covid, dan sektor Perindustrian sudah ada kenaikan dan PMI yang mendekati 50 persen.

"Kalau bicara Resesi 215 negara terkontraksi, tetapi kalau kita lihat di negara ASEAN Indonesia yang terbaik baik, baik dari segi kontraksi kita jauh di atas Singapura Malaysia dalam 2 Kuartal atau di seputar 3 Kuartal terakhir," pungkasnya.

Reporter: Tira Santia

Sumber: Liputan6.com [azz]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini