Agustus deflasi, bos BI optimistis target inflasi 2017 tercapai

Selasa, 5 September 2017 13:11 Reporter : Rizky Andwika
Agustus deflasi, bos BI optimistis target inflasi 2017 tercapai Agus Martowardojo diperiksa KPK. ©2016 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Bank Indonesia (BI) optimistis inflasi 2017 akan sesuai target di kisaran 4 persen. Hal ini usai Agustus lalu yang terjadi deflasi 0,07 persen.

Gubernur BI, Agus Martowardojo, mengatakan pekerjaan rumah selanjutnya ialah menjaga inflasi bulan tersisa atau September hingga Desember.

"Tetapi secara umum inflasi (Agustus) yang kita lihat adalah deflasi dan ini menunjukkan bahwa di tahun 2017 ini akan sesuai target 4 persen," ujarnya di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (5/9).

Agus juga membantah Indonesia mengalami pelemahan daya beli. Dia menjelaskan Agustus tetap ada penyumbang inflasi yakni dari sektor pendidikan.

"Sementara, inflasi rendah itu karena transportasi khususnya udara dan antar kota itu terkoreksi turun. Lalu kita juga lihat komponen khususnya pangan bisa terjaga rendah," tuturnya.

Agus menambahkan rendahnya daya beli masyarakat pada kuartal II diprediksi karena adanya pergeseran pola konsumsi. Dia yakin konsumsi domestik akan membaik di kuartal III.

"Jadi kita mengharapkan di semester II ini akan ada perbaikan." [bim]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini