Adira Finance Beberkan Strategi Hadapi Corona

Selasa, 4 Agustus 2020 14:17 Reporter : Merdeka
Adira Finance Beberkan Strategi Hadapi Corona Adira Finance. ©2020 adira.co.id

Merdeka.com - Direktur Keuangan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance), I Dewa Made Susila mengatakan, perusahaannya turut terpapar dampak dari pandemi covid-19, seiring dengan menurunnya sektor ekonomi di Indonesia. Terlebih, karena permintaan atas pembelian kendaraan baik roda empat maupun roda dua juga ikut menurun.

"Pada kuartal I, tingkat pembelian terbilang normal. Sedangkan, pada kuartal II sangat jatuh. Jadi, kalau digabungkan selama I semester, penjualan mobil turun sebanyak 42 persen. Ini penurunan paling tajam selama 15 tahun terakhir," kata Made di Jakarta, Selasa (4/8).

Untuk itu, pihaknya memenuhi tingkat likuiditas dan kebutuhan pendanaan yang sumbernya berasal dari pembiayaan dengan Bank Danamon serta pinjaman eksternal terdiri atas fasilitas kredit perbankan lokal maupun luar negeri. Selain itu, di tahun ini, PT Adira sudah siap membantu nasabah-nasabah yang bekerja di sektor informal.

"Banyak sektor informal yang menjadi customer kita, dibandingkan dengan sektor formal. Oleh karena itu, kami menerapkan strategi prioritas," jelas Presiden Direktor PT Adira Finance, Hafid Hadeli.

Strategi prioritas itu antara lain adalah bagaimana menjaga kualitas dari piutang dan melakukan restrukturisasi (bantuan yang diberikan pada konsumen, khususnya yang terdampak covid-19. Hingga akhir Juni 2020, PT Adira telah memberikan restrukturisasi kredit sebesar 745 ribu kontrak yang setara Rp 17,4 Triliun pada nasabahnya), meyakini bahwa Adira harus tetap terjual, serta menjaga likuiditasnya.

Reporter Magang: Theniarti Ailin [azz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Adira Finance
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini