ADB: 122 Juta Orang Terancam Miskin Akibat Perubahan Iklim

Kamis, 18 Maret 2021 16:29 Reporter : Idris Rusadi Putra
ADB: 122 Juta Orang Terancam Miskin Akibat Perubahan Iklim Kemiskinan kota meleset. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Deputy Country Director Asian Development Bank (ADB) untuk Indonesia Said Zaidansyah mengatakan sebanyak 122 juta orang terancam miskin akibat perubahan iklim yang semakin meluas dan berdampak pada pertumbuhan ekonomi global.

Said mengatakan bahwa terjadinya perubahan iklim yang berdampak kian nyata bisa menyusutkan ekonomi global hingga 3 persen pada tahun 2050.

Selain itu ancaman panen komoditas pangan global juga berkurang lima persen pada 2030 dan 30 persen pada 2080 apabila negara-negara di dunia tidak melakukan apapun untuk mencegah perubahan iklim semakin meluas.

"Dilihat secara global, kerugian akibat perubahan iklim mencapai USD 18 miliar per tahun terhadap sektor energi dan transportasi," kata Said dikutip dari Antara, Kamis (18/3).

Namun jika sektor konsumsi rumah tangga juga diperhitungkan, kerugian per tahun semakin membengkak menjadi USD 390 miliar.

Said menyebut juga akan ada 143 juta orang yang harus relokasi dalam negeri akibat perubahan iklim apabila tidak dilakukan apapun dalam pencegahan bencana tersebut.

Pada periode 1990-2019 di Asia Pasifik sebanyak 2,5 miliar orang terdampak dan satu juta korban meninggal akibat bencana karena perubahan iklim, USD 1.470 triliun hilang akibat kerugian fisik dari bencana tersebut.

Baca Selanjutnya: Risiko Ancaman Lebih Besar...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini