Ada Tol Serang-Panimbang, Perjalanan dari Serang ke Rangkasbitung Hanya 15 Menit

Selasa, 16 November 2021 19:25 Reporter : Idris Rusadi Putra
Ada Tol Serang-Panimbang, Perjalanan dari Serang ke Rangkasbitung Hanya 15 Menit Peresmian Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1. ©Liputan6.com/Maulandy

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km. Jokowi menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur seperti tol untuk pertumbuhan Indonesia menjadi negara yang lebih bersaing.

Jalan Tol Serang-Panimbang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dikerjakan menggunakan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Jalan Tol Serang-Panimbang memiliki panjang jalan dari Kota Serang hingga Panimbang yang berlokasi di Kabupaten Pandeglang sejauh 83,67 kilometer. Jalan Tol ini akan melintasi 3 daerah, yaitu: Serang, Lebak, dan Pandeglang.

Direktur Utama PTPP, Novel Arsyad pembangunan tol Serang-Panimbang akan menciptakan konektivitas antara daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Provinsi Banten.

"Melalui jalan tol ini, masyarakat dapat mempersingkat waktu tempuh dari Serang ke Rangkasbitung hanya 15-20 menit. Selain itu, pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang dilakukan oleh Pemerintah untuk mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung yang terletak di Provinsi Banten," ujar Novel yang menghadiri peresmian dikutip di Jakarta, Selasa (16/11).

Selain untuk meningkatkan konektivitas, tujuan dari pembangunan jalan tol ini untuk mengembangkan bagian selatan di Provinsi Banten dan meningkatkan potensi pariwisata yang berada di daerah Pandeglang-Lebak termasuk Tanjung Lesung.

Jalan Tol yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini, yaitu Seksi 1 dari Serang- Rangkasbitung dengan panjang 26,5 kilometer, di mana Seksi 1 ini menghubungkan Kota Serang dengan Kabupaten Lebak. Jalan Tol Serang-Panimbang ini akan terhubung langsung dengan jaringan tol Trans Jawa melalui Jalan Tol Tangerang-Merak.

Sedangkan untuk Seksi 2 ruas Rangkasbitung-Cieleles sepanjang 24,17 kilometer dan Seksi 3 ruas Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer masih dalam proses pembangunan konstruksi. Pemerintah menargetkan seluruh pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang tersebut akan selesai dan dapat beroperasi pada tahun 2023 mendatang.

Dalam pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang tersebut, PTPP bertindak sebagai salah satu pemegang saham dalam perusahaan Joint Venture yang bernama PT Wika Serang Panimbang. Dalam perusahaan tersebut, PTPP bersinergi bersama dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan PT Jababeka Infrastruktur Selain menjadi salah satu Pemegang Saham dalam pembangunan jalan tol tersebut.

PTPP juga mengerjakan pembangunan konstruksi Simpang Susun Jalan Tol Serang-Panimbang. Adapun Simpang Susun yang dikerjakan oleh PTPP, antara lain Simpang Susun Cikeusal sepanjang 1,016 kilometer, Simpang Susun Petir/Tunjung Teja sepanjang 0,821 kilometer, dan Simpang Susun Rangkasbiitung sepanjang 1,253 kilometer.

2 dari 2 halaman

Lanjutkan Pembangunan

Presiden Jokowi sebelumnya mengatakan bahwa, setelah pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 ini selesai, maka akan dilanjutkan dengan pembangunan Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24 kilometer serta Cileles-Panimbang sepanjang 33 kilometer. "Insya Allah, imi akan dituntaskan pada akhir 2023," kata Jokowi.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengatakan infrastruktur adalah pondasi bagi Indonesia untuk siap bersaing dengan negara-negara lain karena yang dikejar adalah daya saing.

Kata Jokowi, tidak mungkin sebuah negara bisa melampaui negara lain jika indeks kompetitifnya lebih rendah. Tanpa infrastruktur, barang-barang bisa memiliki harga yang lebih tinggi. Namun jika infrastruktur siap, barang-barang akan terdistribusi lebih baik dan harganya pun menjadi lebih murah. [idr]

Baca juga:
Menteri Basuki Sebut 4 Ruas Tol Baru Beroperasi Akhir 2021, Ini Detailnya
Ada Tol Serang-Panimbang, Jokowi Buka Pintu Investasi & Wisata Tanjung Lesung
Jokowi Harap Tol Serang-Panimbang Dorong Ekonomi Banten
Pembangunan Tol Serang-Panimbang Seksi 2 dan 3 Ditargetkan Rampung 2023
Penggunaan Kendaraan di Tol Meningkat Seiring Penurunan Level PPKM
Alasan Mengapa Saat di Jalan Tol Anda Sebaiknya Tidak Ngebut

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini