Ada Temuan Kecurangan, Pemerintah Diminta Segera Audit Menyeluruh Seleksi CPNS 2021

Rabu, 27 Oktober 2021 16:50 Reporter : Dwi Aditya Putra
Ada Temuan Kecurangan, Pemerintah Diminta Segera Audit Menyeluruh Seleksi CPNS 2021 cpns. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Komisi II DPR RI mendesak pemerintah untuk segera melakukan audit seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) di seluruh Indonesia. Seruan ini disampaikan menyusul temuan kecurangan seleksi CASN di Buol, Sulawesi Tengah dengan modus remote access.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman meminta, kepada pemerintah untuk melakukan investigasi dan audit forensik digital atas sistem IT seleksi CASN. Ini penting untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem dan mekanisme tes seleksi CASN.

Selain itu, Luqman juga meminta pihak-pihak yang terlibat dalam kecurangan seleksi ASN dijatuhi hukuman berat.

"Saya minta agar mereka dijatuhi hukuman yang berat. Baik hukuman disiplin pegawai maupun pidana. Praktik kecurangan ini bukan hanya mencoreng integritas BKN dan KemenPAN-RB, tapi juga ancaman serius bagi keamanan nasional," kata dia, Rabu (27/10).

Sementara itu, Anggota Komisi II DPR Saan Mustopa juga menyerukan yang sama, agar kasus di Buol diinvestigasi mendalam sekaligus mengaudit CASN di semua daerah. "Mungkin ini yang baru ketahuan. Mungkin ada juga yang lain. Jadi walaupun kita berpikir positif bahwa yang selama ini kita anggap ruang kecurangan dengan model seleksi hari ini tertutup, ternyata masih bisa juga ada kecurangan," ungkap Saan yang juga Anggota F-Nasdem DPR itu.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyayangkan adanya upaya indikasi kecurangan dalam seleksi CASN 2021 di Tilok Mandiri Instansi Pemerintah Kabupaten Buol. Saat ini pihaknya pun masih melakukan penyelidikan atas dugaan tersebut.

Kepala Biro Humas Hukum dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama mengatakan, BKN berkolaborasi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serta didukung penuh oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) pengadaan CASN Tahun 2021 untuk melakukan penyelidikan atas dugaan tersebut.

Dari hasil penyelidikan tersebut, BKN bersama BSSN menemukan adanya indikasi kecurangan pada pelaksanaan SKD CASN di Tilok Mandiri Instansi Pemerintah Kabupaten Buol yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin merusak sistem seleksi CASN Nasional dengan modus remote access. [azz]

Baca juga:
Menpan RB Temukan Dugaan Kecurangan SKD Rekrutmen CASN di Sejumlah Daerah
ASN Terlibat Kecurangan CASN Bakal Dipecat
Menteri Tjahjo: Kecurangan Seleksi CASN 2021 Akan Diusut
Jelang Tes SKB CPNS 2021, Cek Jadwal Terbaru Hingga Kisi-Kisi Soalnya
Ada Dugaan Kecurangan Seleksi CPNS 2021, Ini Sederet Upaya Dilakukan BKN

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini