Ada Tax Amnesty, BEI prediksi IHSG bisa capai 5.300 akhir tahun

Jumat, 22 Juli 2016 17:00 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo
Ada Tax Amnesty, BEI prediksi IHSG bisa capai 5.300 akhir tahun Penutupan Bursa. ©2012 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) memprediksi indeks harga saham gabungan (IHSG) mencapai level 5.300 hingga akhir tahun ini. Prediksi ini meningkat dibanding sebelumnya dikarenakan hadirnya Tax Amnesty atau pengampunan pajak.

"Prediksi ini melebihi prediksi awal yaitu 5.200," kata Kepala Kantor BEI Cabang Semarang, Stephanus Cahyanto Kristiadi, seperti dilansir dari Antara di Semarang, Jumat (22/7).

"Memang sejak pascalebaran dilihat dari indeks mengalami penguatan. Penguatan ini didorong oleh sentimen positif Tax Amnesty," tambahnya.

Menurut dia, melalui kebijakan amnesti pajak tersebut ada harapan bahwa sebagian dana dari repatriasi akan masuk ke pasar modal. "Kondisi itu yang mendorong bursa indeksnya ikut naik. Dengan adanya Tax Amnesty diharapkan Pemerintah memiliki dana untuk meneruskan pembangunan," katanya.

Pihaknya memprediksi, salah satu sektor yang akan sangat terpengaruh oleh adanya kebijakan ini adalah infrastruktur. "Yang pasti terpengaruh adalah infrastruktur. Selain itu juga properti dan perbankan," katanya.

Khususnya untuk perbankan ini, yang akan diincar oleh investor adalah bank-bank persepsi yang ditunjuk oleh pemerintah kaitannya sebagai penampung dana repatriasi.

Beberapa bank persepsi pada kebijakan Tax Amnesty ini di antaranya BRI, BCA, Bank Mandiri, dan BNI. [bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini