Ada satelit BRIsat, apakah suku bunga bisa turun?

Rabu, 29 Juni 2016 21:32 Reporter : Idris Rusadi Putra
Ada satelit BRIsat, apakah suku bunga bisa turun? Satelit BRIsat. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah satelit Indonesia berhasil diluncurkan dari Kuorou Guyana, Prancis pada Senin (19/6) pukul 04.38 WIB. Satelit yang diberi nama BRIsat milik Bank BRI ini sukses meluncur menuju orbitnya.

Secara khusus, satelit BRIsat ini nantinya akan dipergunakan untuk memberikan layanan jasa perbankan kepada para nasabah yang tersebar di seluruh pelosok Indonesia.

Kepala Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Ternate, Maluku Utara, Anditya Mahendra mengatakan, menggunakan satelit komunikasi yang bernama BRIsat akan mengurangi biaya operasional perusahaan dalam melayani kebutuhan nasabah.

"Penggunaan satelit dapat mengurangi biaya operasional sebesar Rp 500 miliar/ tahun," kata Mahendra.

Tak hanya itu, dengan adanya satelit ini, pihaknya bisa melakukan efisiensi yang signifikan pada biaya operasional dengan menghemat kurang lebih Rp 500 miliar, sehingga nanti akan menurunkan bunga kredit.

"Dengan adanya pengurangan operasional bisa transmisikan menjadi harga kredit yang akan mereka berikan kepada masyarakat," kata Aditiya.

Oleh karena itu, dia berharap dengan adanya satelit ini, pihaknya bisa mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat dikaitkan dengan kondisi geografis Maluku Utara.

"Untuk BRIsat berada di Papua. Jadi otomatis lebih dekat dengan Maluku Utara, sehingga nanti kendala seperti jaringan yang lambat itu tidak terjadi lagi," katanya. [hrs]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini